Home » Berita Terkini » Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah
Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah

IBOQQNEWS.com – Aurochs (Bos primigenius) adalah nenek moyang sapi modern yang pernah hidup di Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Mereka telah punah sejak abad ke-17, namun tim ilmuwan dari Eropa tengah mencoba untuk menghadirkan kembali hewan itu.

Sapi kuno itu tampaknya berperan penting dalam sejarah bangsa Eropa karena gambarnya banyak ditemukan pada dinding gua-gua di Benua Biru itu. Bahkan Kaisar Romawi Julius Caesar pernah mendeskripsikannya.

“…hewan-hewan itu disebut uri. Ukuran mereka sedikit lebih kecil dari gajah, dan penampilan, warna, serta bentuk seekor banteng. Kekuatan dan kecepatan mereka luar biasa,” tulis Julius Caesar dalam Gallic War.

Deskripsi tersebut benar adanya karena, menurut catatan sejarah, Aurochs bisa mencapai tinggi dua meter dengan bobot sekitar satu ton.

Aurochs terakhir tercatat berkeliaran di Hutan Jaktorow, Polandia, pada 1627.

Namun kini para ilmuwan sedang mengusahakan untuk menghidupkannya kembali melalui proses pemanfaatan DNA. Sejak 2009, tim ilmuwan Eropa telah memilih sapi-sapi yang dalam tubuhnya masih terdapat DNA aurochs.

Ada dua program percobaan menghidupkan kembali aurochs melalui jalan pembiakan. Pertama adalah Operasi Taurus di Hungaria dan Belanda, yang secara selektif telah berhasil membiakkan 300 anak lembu dengan DNA aurochs melalui proses yang disebut pembiakan-balik.

Baca juga : Ketimbang Pria, Wanita Lebih Butuh Sex Toy

Proses pembiakan-balik merupakan jenis seleksi buatan yang dibuat dengan pembiakan selektif yang disengaja dari hewan domestik. Umumnya cara seperti ini dilakukan untuk mendapatkan kembali jenis hewan punah, yang umumnya mirip dengan tipe leluhur liarnya.

Para ilmuwan awalnya memilih ternak dengan karakteristik yang biasanya terdapat pada aurochs. Setiap generasi anak lembu yang dihasilkan ternak-ternak sapi tersebut akan memiliki karakteristik yang semakin dekat dengan aurochs asli, baik dalam penampilan, perilaku, juga genetik.

Ada beberapa keturunan ternak yang digunakan oleh para ilmuwan. Ternak ini memiliki karakteristik paling dekat dengan aurochs, seperti Maremmana dari Italia, kemudian Podolica dan Busha yang dikembangbiakkan di negara-negara Balkan.

“Mereka memiliki persentase materi genetik aurochs tertinggi,” ujar Profesor Donato Matassino yang tergabung dalam proyek tersebut kepada Telegraph (h/t Business Insider).

“Saya tidak berpikir kami akan mendapatkan kembali hewan yang 100 persen sama seperti aurochs, tapi kami bisa mendapatkan hewan yang memiliki karakteristik sangat dekat.”

Program kedua adalah “The Tauros Programme” di Portugal. Program ini juga melakukan pembiakan silang dalam upaya untuk menciptakan kembali aurochs. Pembentukan purwarupa aurochs dapat dilihat sebagai bagian dari upaya untuk mengembalikan ekologi lokal dan menciptakan pengalaman layaknya bersafari.

Program-program ini adalah bagian dari Rewilding Europe, sebuah proyek dengan misi untuk memperkenalkan kembali spesies liar Eropa yang telah punah. Upaya konservasi yang sama juga sedang dilakukan untuk memperkenalkan kembali kuda liar, ibex (salah satu spesies kambing liar), dan wisent (bison Eropa).

Manfaat yang diharapkan tidak hanya akan membantu lingkungan, tetapi juga dampak positif dari pariwisata lokal.

“Sapi liar adalah salah satu spesies yang membentuk lanskap Eropa selama ratusan ribu tahun,” kata Wouter Helmer, pendiri Rewilding Europe.

Ia berpendapat bahwa jika tidak ada herbivora besar maka hutan akan bertumbuh sangat cepat. “Penggembalaan hewan besar menjaga bidang tanah lahan terbuka, sehingga menciptakan variasi dalam lanskap yang membantu ribuan spesies tanaman, serangga, dan hewan,” imbuhnya.

Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Upaya hidupkan kembali sapi kuno yang telah punah video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com