Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid

Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid

Di dalam tubuh terdapat sebuah sistem yang mampu mengendalikan berat badan, emosi, penggunaan energi, hingga suhu tubuh yang pastinya berpengaruh pada kesehatan secara umum. Sistem ini adalah fungsi tiroid.

Jika fungsi tiroid bermasalah, saat tubuh mengalami hipertiroid atau sebaliknya, tubuh mengalami hipotiroid, maka harus pandai-pandai mengelolanya dengan baik. Untuk mengelolanya, kita bisa melakukan beberapa tips-tips sehat berikut seperti dikutip dariĀ Bright Side:

Tips gaya hidup sehat untuk hipotiroidisme:

1. Pola makan sehat

Ikuti pola makan sehat dengan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Untuk menjaga tingkat energi Anda agar tetap stabil, makan snack sehat sepanjang hari. Penambahan berat badan adalah gejala umum hipotiroidisme, jadi makan sehat dapat membantu Anda mengelola kenaikan berat badan.

2. Ikuti gaya hidup aktif

Berolahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Ini juga meningkatkan tingkat energi Anda dan mengurangi stres yang sangat penting jika Anda memiliki hipotiroidisme.

3. Meditasi dan yoga

Hipotiroidisme dapat menyebabkan keletihan, kelesuan, dan depresi. Baik meditasi dan yoga dapat membantu Anda dalam bertempur melawan kondisi-kondisi ini.

4. Cukup tidur

Buat jadwal tidur yang teratur dengan tidur cepat atau tidur lebih awal dan. Merasa lesu dan rendah adalah gejala umum hipotiroidisme. Jadi istirahatkan tubuh Anda yang tepat untuk mengisi kembali energi.

Tips gaya hidup sehat untuk hipertiroidisme:

1. Hindari yodium

Orang dengan hipertiroidisme tidak boleh mengonsumsi makanan tinggi yodium. Selain itu, hindari susu dan produk olahan lainnya termasuk es krim, keju, yogurt, dan mentega. Makanan laut termasuk ikan, sushi, kerang, dan rumput laut juga harus dihindari.

2. Meditasi

Overproduksi hormon tiroid menghasilkan lebih banyak stimulasi otak yang menyebabkan orang yang mengalami hipertiroid merasa gelisah atau cemas. Melakukan latihan meditasi membantu mengatur kesehatan mentar, termasuk kecemasan.

3. Minum air

Hipertiroidisme menyebabkan Anda kehilangan banyak air dengan cara buang air kecil. Jadi jagalah tubuh Anda agar terhidrasi dengan baik.

Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi   Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi   Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi   Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi   Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi   Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi   Tips Sehat Mengelola Gangguan Fungsi Tiroid tiroid tips sehat mengelola gangguan fungsi