Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan

Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan

BERITA TERKINI – Sedikitnya tiga bocah terjebak di dalam gua Tham Luang di sebelah utara Thailand sore ini berhasil dikeluarkan dalam keadaan selamat. Tim penyelamat kini masih bertarung dengan waktu untuk mengeluarkan seluruh bocah tim sepak bola beserta pelatihnya yang terjebak di dalam gua selama dua pekan.

Dilansir dari laman the Straits Times, Minggu (8/7), bocah pertama muncul keluar dari gua pukul 17.37 waktu setempat diikuti bocah kedua pukul 17.50, kata laporan kantor berita Thailand, Khaosod. Stasiun televisi Spring News menulis dalam akun Twitter mereka sudah tiga bocah diselamatkan. Namun sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pihak berwenang.KLIK66

Bangkok Post melaporkan, anggota tim sepak bola remaja dan pelatihnya itu nantinya akan dirawat di Rumah Sakit Chiangrai Prachanukroh selama sedikitnya 24 jam setelah mereka dikeluarkan dari gua. Keluarga tidak akan diizinkan menjenguk mereka selama 24 jam pertama. Keluarga baru akan dibolehkan menemui anak-anak itu setelah pemeriksaan medis mereka selesai dalam 48 jam.

Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil

operasi penyelamatan bocah terjebak di gua thailand Straits Times

Inspektur Jenderal Thongchai Lertwilairattanapong di Kementerian Kesehatan Masyarakat di Chiang Rai mengatakan anak-anak itu dan pelatihnya yang baru keluar dari gua baru akan dibolehkan pulang ke rumah masing-masing dalam lima hari.

Sebanyak 13 penyelam internasional dan lima penyelam asal Thailand berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan bocah-bocah itu melalui terowongan sempit penuh air pekat berlumpur yang sudah menewaskan seorang mantan personel Angkatan Laut Thailand Kamis malam lalu.

“Operasi penyelamatan dimulai pukul 10.00 ketika 13 penyelam internasional memasuki gua. Sepuluh di antara mereka menuju terowongan 9 tempat bocah-bocah itu terjebak dan terowongan 6 dekat pertigaan seperti direncanakan. Tiga penyelam lainnya akan membantu upaya penyelamatan mulai pukul 14.00,” kata kepala tim operasi penyelamatan Narongsak Osottanakorn, dalam pernyataan dirilis Minggu sore ini.

“Ada juga tambahan personel tim penyelam, termasuk dari Thailand, Amerika Serikat, Australia, China, dan Eropa yang ditempatkan di terowongan 3 sampai ke mulut gua. Ini termasuk tali untuk membantu operasi di tebing terowongan 2 dan 3.”

Operasi penyelamatan ini bisa memakan waktu dua sampai tiga hari, kata salah satu kepala tim penyelamat.

“Lamanya waktu operasi ini bisa dua sampai tiga hari, tergantung faktor lain seperti cuaca,” kata komandan militer Chalongchai Chaiyakorn kepada wartawan.

Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil   Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil   Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil   Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil   Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil   Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil   Tiga bocah terjebak dalam gua Thailand berhasil dikeluarkan tiga thailand terjebak gua dikeluarkan dalam bocah berhasil