Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo

Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo

IBOQQNEWS.com – Bagi Anda yang akhir-akhir ini mendapat surel notifikasi mengenai keamanan akun Yahoo, mungkin Anda menjadi salah satu pemilik dari 500 juta akun Yahoo yang berhasil dibobol peretas. Yahoo telah mengkonfirmasi informasi tersebut melalui pernyataan resmi pada Kamis (22/9).

Kejadian pembobolan akun ini bukan terjadi baru-baru ini, melainkan telah terjadi pada 2014 silam, hanya saja Yahoo baru mengetahuinya pada Agustus. Dilansir dari Recode (22/9), tokoh yang menamakan dirinya “Peace” mengklaim telah menjual lebih dari 200 juta akun Yahoo dengan harga lebih dari USD1.800 atau sekitar Rp23,4 juta sejak 2012.

Pencurian data pengguna ini termasuk informasi pribadi seperti nama, alamat surel, serta pertanyaan keamanan sekaligus jawabannya yang tidak dienkripsi oleh Yahoo. Termasuk juga nomor telepon, tanggal lahir, dan kata sandi yang terenkripsi. Tapi Yahoo mengkonfirmasi data-data kartu kredit tidak termasuk.

Saat itu Yahoo mengatakan bahwa mereka sadar akan klaim dari sang peretas. Tapi mereka menolak untuk mengumumkan apakah klaim sang peretas itu benar atau tidak. Menanggapi hal tersebut, pihak perusahaan mengatakan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Yahoo mencurigai ada dalang negara tertentu yang mendukung para pencuri data melakukan aksi retasnya. Yahoo masih menyelidiki keterlibatan aktor negara tertentu itu. Peristiwa ini mengingatkan pada ucapan Direktur FBI James Comey pada 2014.

Dikutip dari VOA News (23/9), saat itu Comey mengatakan, “Ada dua jenis perusahaan besar di Amerika Serikat. Ada perusahaan yang telah diretas oleh Tiongkok, dan perusahaan-perusahaan yang tidak tahu bahwa mereka telah diretas oleh orang-orang Tiongkok.”

Meskipun tidak ada yang menghubungkan peretasan ini dengan Tiongkok, maksud Comey adalah bahwa setiap pengguna internet harus menganggap informasi mereka selalu bisa disadap.

Kasus peretasan ini kemungkinan besar akan berdampak pada proses akuisisi Yahoo. Pada Juli, Verizon, perusahaan operator AS, mengkonfirmasi akan membeli Yahoo dengan nilai USD4,8 miliar (Rp62 triliun). Karena itulah, pemegang saham Yahoo khawatir serangan ini akan menurunkan nilai pembelian dari Verizon.

Menurut Reuters (23/9), saat ditanyakan mengenai hal ini Verizon menolak untuk memberikan tanggapan apakah pembobolan akun akan berdampak pada kesepakatan. Sumber terdekat dengan transaksi tersebut mengatakan bahwa Verizon sedang mempelajari situasi sebelum memilih aksi apa yang akan diambil.

Yahoo memberikan saran langkah-langkah untuk melindungi diri bagi pengguna yang tidak menerima secara langsung notifikasi surel mengenai akun yang berhasil dibobol. Pertama, mereka menyarankan untuk mengganti pertanyaan-pertanyaan keamanan, sehingga tidak akan bisa digunakan untuk mengakses akun.

Kedua, Yahoo merekomendasikan para pengguna yang belum pernah mengganti kata sandi sejak 2014 untuk segera menggantinya. Selain itu disarankan untuk waspada dengan komunikasi yang tidak diminta yang menanyakan informasi pribadi, serta menghindari mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari alamat surel yang mencurigakan.

Kemudian Yahoo menyarankan pengguna untuk menggunakan Yahoo Account Key. Sebuah alat otentifikasi yang sederhana, yang dapat memotong proses penggunaan kata sandi.

Peretasan akun 500 juta pengguna Yahoo ini merupakan pembobolan perusahaan terbesar yang pernah dilaporkan. Bahkan lebih besar dari peretasan MySpace pada 2013 yang membahayakan lebih dari 300 juta akun pengguna, seperti diwartakan Independent (1/6/2016).

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Terkuak kasus pembobolan 500 juta akun Yahoo video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi