Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka

Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka

Pecinta kopi dan teh tentunya sudah menunggu cukup lama nih untuk kembali mengonsumsi teh dan kopi untuk berbuka. Tapi sebenarnya minuman apa sih yang lebih direkomendasikan oleh dokter untuk berbuka puasa?

Kebanyakan orang mengaku kepada¬†detikHealth¬†untuk tidak mengonsumsi kopi saat berbuka. Seperti misalnya yang dituturkan oleh Ega (21) salah seorang karyawan swasta di Jakarta. “Enggak sih, karena terlalu pahit aja buat berbuka,” tutur Ega.

Sama seperti Ega, Mega (26) juga merasa ragu untuk mengonsumsi kopi saat berbuka atau bahkan sesudah berpuasa. Padahal sebelumnya ia adalah orang yang sangat menggemari minuman yang satu ini.

Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman

“Malah selama puasa gue jadi enggak minum kopi, mungkin karena ke-suggest enggak bisa tidur malam harinya.”

Hmm sebenarnya, lebih baik mengonsumsi teh atau kopi sih saat berbuka puasa? Atau justru boleh dua-duanya?

“Kalau teh kan kafeinnya sedikit, bikin encer aja gapapa. Kalau kopi iya (sebaiknya dihindari),” kata dr Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru melalui pesan singkat.

Meski mengonsumsi teh manis lebih disarankan, ini juga datang dengan catatan lho, tehnya harus hangat dan tidak terlalu manis. Selain teh manis, dr Titi juga menyarankan menu lainnya yang cocok dijadikan takjil.

“Kolak juga boleh,” ujarnya.

Selain itu, Jansen Ongko, M.Sc, R.D, seorang ahli gizi yang juga founder dari Fitness Embassy justru lebih tegas untuk tidak merekomendasikan kafein untuk berbuka puasa terutama bagi orang-orang yang sensitif.

“Kafein pun terutama dari kopi tidak disarankan karena bagi yang sensitif malah mual dan efek stimulannya menjadi berlebihan apabila diminum perut kosong. Ini bisa sebabkan keringat dingin sampai dengan gangguan jantung,” kata Jansen.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman

Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman   Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman   Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman   Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman   Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman   Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman   Teh atau Kopi? Ini Kata Dokter tentang Minuman yang Aman untuk Berbuka yang untuk tentang teh minuman kopi kata ini dokter berbuka atau aman