Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks

Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks

Siapa yang tak ingat sosok Julia Perez? Pedangdut yang cukup fenomenal dengan gayanya yang nyentrik menghembuskan napas terakhirnya setahun lalu akibat kanker serviks stadium 4 di usia 36 tahun.

“Innalilahiwainailaihirojiun. Telah berpulang kakak kami tercinta Julia Perez. Minta doanya ya semua. Terima kasih semua atas supportnya selama ini,” tulis Nia Anggia, adik almarhumah, di akun Instagramnya saat itu.

Nia menyebut Jupe telah tiga kali lolos dari maut, sehari sebelum meninggal Jupe terlihat sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah menjalani operasi yang ke sekian kalinya.

Kanker serviks termasuk salah satu jenis kanker paling mematikan pada perempuan, di samping kanker payudara. Diperkirakan, tiap 1 jam ada 1 perempuan meninggal karena kanker yang dipicu oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus) ini.

Kematian akibat kanker serviks bisa dicegah antara lain dengan deteksi dini, yakni dengan papsmear atau inspeksi asam asetat (IVA). Bahkan, jenis kanker ini juga merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah dengan vaksin HPV yang kini banyak tersedia di pasaran.

Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur   Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur   Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur   Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur   Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur   Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur   Setahun #RIPJupe, Pejuang yang Gugur Karena Kanker Serviks yang setahun serviks ripjupe pejuang karena kanker gugur