Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata

Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata

Tepat pukul 08.55 WIB Museum Bahari yang memuat banyak koleksi kemaritiman Indonesia terbakar. Bangunan museum di sisi utara terbakar dan koleksinya juga dilalap api seperti miniatur model kapal dan alat-alat navigasi pelayaran.

Museum yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan nomer 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara ini memiliki sejarah perjalanan panjang. Mulai dari zaman VOC bangunannya itu sempat dijadikan gudang rempah, hingga kini memuat berbagai koleksi kemaritiman dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Kepala Museum Bahari Husnison Nizar, bagian tertua dari museum ini mulai dibangun pada 1652 semasa akhir kepemimpinan Gubernur Jendral Christoffel van Swoll. Pembangunannya pun dilaksanakan bertahap hingga 1774.

Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Wisatawan berpose di salah satu kapal koleksi Museum Bahari.(KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI)

Pada masa VOC, gedung ini berfungsi sebagai gudang penyimpanan, pemilihan, penjemuran, dan pengepakan rempah-rempah. Pada saat itu rempah yang banyak di sini seperti kopi, dan teh.

Selain itu sisi barat Museum Bahari dulunya dikenal dengan sebutan Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat, juga kerap digunakan untuk penyimpanan sejumlah komoditi berharga yang dijual di Nusantara. Seperti tembaga, timah hingga tekstil milik VOC.

Beralih ke masa pendudukan Jepang, bangunan ini hanya dijadikan sebagai tempat menyimpan logistik tentara Jepang. Bangunan digunakan untuk tempat penyimpanan persenjataan dan bahan pangan.

Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Wisatawan sedang melihat salah satu koleksi navigasi di Museum Bahari.(KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI)

Setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini dipakai oleh PLN dan PTT untuk gudang. Masih dalam bangunan yang sama sejak VOC, barulah Museum Bahari diresmikan pada tahun 1977 oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, lengkap dengan menara-menara kawal VOC di dalamnya.

Bangunan Museum Bahari atau Museum Kebaharian dan Menara Syahbandar ini punya nilai sejarah yang sangat penting, karena merupakan salah satu peninggalan tertua zaman Belanda dulu,” kata Husnison Nizar kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Banyak sekali kelebihan museum ini yang tercatat dalam sejarah. Diantaranya menjadi tembok warisan VOC terakhir di Nusantara. Juga ragam koleksinya yang paling lengkap soal kemaritiman dari Sabang sampai Merauke.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi