Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal

Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal

IBOQQNEWS.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang segera memasarkan ponsel pintar karya mereka.

Melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada 2016 mendanai institut yang terletak di Bandung itu untuk mengembangkan dan mendistribusikan massal ponsel pintar 4G.

Kerja sama akademisi, industri, pelaku pasar, dan pemerintah tersebut membuahkan hasil. Pada Rabu (11/1/2017), Menristekdikti, Mohamad Nasir, meresmikan produksi perdana ponsel pintar 4G buatan Pusat Mikroelektronik (PME) ITB tersebut.

“Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan, ” ujar Nasir saat kunjungan kerja ke PT. VS Technology Indonesia.

Dilasir dari Liputan6.com (11/1), produksi massal ponsel Android ini akan diadopsi dan dilanjutkan oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (Digital Coop), kerja sama antara ITB, PT Jalawave Integra bertindak sebagai investor, PT VS Technology Indonesia untuk produksi, dan PT TSM membantu ITB dalam hal desain, termasuk impor komponen.

Produksinya akan dilaksanakan di dalam negeri, di pabrik perakitan Cikarang, Bekasi.

Uniknya, pemasaran ponsel ini akan menggunakan model bisnis yang tidak biasa. Gawai perdana yang kemungkinan akan dinamakan Digicoop 01 ini khusus diperuntukkan bagi para anggota koperasi di Indonesia, tidak dijual bebas.

Ponsel tersebut akan didistribusikan ke beberapa koperasi untuk selanjutnya dibagikan kepada anggota guna menjalankan bisnis digital koperasi. Sebagai langkah pertama, akan diproduksi 5.000 unit ponsel.

Setiap anggota yang sudah memenuhi syarat, yakni memiliki simpanan pokok dan wajib Rp1,3 juta, akan diberi ponsel yang telah berisikan aplikasi koperasi serta aplikasi-aplikasi umum yang biasa ditemukan di ponsel pintar.

Kehadirannya akan menjadi penghubung antara anggota dan koperasi. Selain sebagai tanda keanggotaan, ponsel juga menjadi alat bagi anggota berpartisipasi aktif dalam kegiatan bisnis digital Indonesia.

Karena dirancang untuk menjadi platform ekonomi digital berbasis kerakyatan, maka semua pendapatan digital yang didapat akan dikembalikan ke pengguna (anggota koperasi).

Pengembalian ini dapat berupa bentuk manfaat (penggunaan ponsel secara gratis), maupun dalam bentuk finansial. Contohnya, untuk berbagai hal seperti pembelian pulsa juga dalam bentuk pembagian keuntungan koperasi (SHU) di setiap akhir tahun.

Ketua Umum Digital Coop, Henry Kasyfi Soemartono, menuturkan, “Korporasi lain bisa melakukan investasi, tapi tidak memiliki hak suara. Jadi benar-benar berbasis kerakyatan, yang anggotanya adalah WNI. Hanya dengan menabung di koperasi, para anggota akan mendapatkan smartphone buatan anak bangsa. Dan setiap dua tahun sekali ponsel tersebut akan diganti dengan tipe terbaru.”

Fitur-fitur Digicoop

Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Ponsel Digicoop
© Digicoop

Karena berbasiskan Android, ponsel Digicoop 01 akan memiliki fitur-fitur layaknya ponsel pintar pada umumnya. Di antaranya SMS, browsing, VOIP Call, dan pengaliran video YouTube.

Selain itu, dilansir dari Viva.co.id (11/1), terdapat fitur split screen pada bagian atas layar ponsel yang berfungsi untuk menaruh iklan. Dengan demikian, tampilan iklan tidak memenuhi layar. Iklan yang tampil split screen adalah iklan yang melakukan promosi di Digicoop 01.

Fitur split screen ini murni merupakan buatan anak ITB, dan diklaim menjadi yang pertama di dunia.

Keuntungan bagi pengguna dari iklan yang terdaftar, dan mempromosikannya di Digicoop 01 adalah royalti. Lebih lanjut Henri mencontohkan, “Biasanya sebuah platform, misalnya Google, terdapat iklan tapi keuntungan hanya untuk Google. Sementara itu, padasmartphone Digicoop 01, penggunanya mendapat bagian dari iklan tersebut.”

Digicoop 01 hadir dengan sistem operasi kustom ID3OS, yang telah diperkenalkan ke publik pada 2015. Salah satu fitur yang ditonjolkan dari ID3OS adalah keamanannya.

Melalui fitur Panic Button, atau tombol panik, pengguna ponsel hanya memerlukan mengetuk (tap) layar ponsel sebanyak dua kali dan kemudian gestur geser (slide). Maka akan langsung muncul tombol besar warna merah tulisan “Panic Button”.

“Sekali Anda memencet tombol panik itu, 10 nomor ponsel yang Anda daftarkan akan menerima SMS informasi lokasi Anda secara geografis,” terang Joegianto, Tata Sarana Mandiri (TSM) Director of Business Development.

Spesifikasi lainnya tergolong biasa, dengan memiliki kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP. Kemudian terdapat RAM 1 GB dan ROM 8 GB, memori eksternal hingga 32 GB, dan kapasitas baterai 1.800 mAh.

Teknologi 4G yang digunakan Digicoop 01 pun telah lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan tingkat kandungan produk lokal sebanyak 20,2 persen pada akhir 2016.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Ponsel 4G buatan ITB siap diproduksi massal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi