Home » Berita Terkini » Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan
Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan

IBOQQNEWS.com – Sejumlah arkeolog di Karaganda State University, Kazakhstan, belum lama ini menemukan sebuah struktur piramida kuno di negara tersebut. Ditemukan di sebuah daerah terpencil, sekitar 6.300 km ke arah timur laut dari Kairo, Mesir, piramida tersebut diperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun.

Seperti yang dilansir Yahoo! News (16/8/2016), struktur piramida tersebut dikatakan menyerupai Piramida Djoser di Mesir. Djoser adalah sebuah makam batu kapur berundak setinggi 62 meter. Djoser dibangun untuk Firaun Djoser di situs kuno Saqqara Mesir sekitar 4.700 tahun lalu. Terletak di bawah tanah, Djoser merupakan labirin yang rumit. Desain berundak menandakan bahwa piramida jenis ini merupakan struktur bangunan manusia kuno.

Diyakini dibangun 1.000 tahun setelah Piramida Djoser, bangunan raksasa ini pertama kali ditemukan tahun lalu di daerah Shet, wilayah Karaganda, bagian tengah Kazakhstan. Namun baru sekarang dipublikasikan ke media bersamaan dengan foto-foto artefak dan denah pondasi piramida.

Arkeolog dari Institut Arkeologi Saryarkinsky, Viktor Novozhenov, dikutip Science World Report mengatakan, “(Bangunan) Ini dibangun lebih dari 3.000 tahun lalu di Saryarke untuk seorang ‘firaun’, atau pemimpin suku lokal yang paling maju pada akhir Zaman Perunggu.”

Menurut Novozhenov, mereka akan mulai menggali area makam utama piramida yang terletak di stepa Sary-Arka dekat kota Karaganda ini guna mengungkap misteri keberadaan piramida tersebut.

Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Situs piramida kuno di Kazakhstan

Situs piramida itu dilaporkan memiliki 27 struktur bangunan dari periode zaman yang berbeda, dengan susunan berbatu setinggi lima lantai serta sebuah makam. Ukurannya cukup kecil untuk sebuah piramida.

Dilansir dari Live Science (17/8), area makam memiliki tinggi 2 meter dengan bagian dasar berukuran 15 x 14 meter. Materialnya terbuat dari batu, tanah dan diperkaya oleh lempengan di sisi luar. Sebagai perbandingan, Piramida Djoser memiliki tinggi 62 meter dengan ukuran dasar 109 x 125 meter.

Struktur berundak ini unik, tidak mengerucut bagian atasnya seperti Djoser, piramida ini hanya memiliki 6 tingkat undakan dengan bagian atas yang rata seperti panggung.

Sayangnya bagian makam ini tidak memiliki artefak yang lengkap lagi karena sebagian besar sudah lenyap, kemungkinan karena pencurian. Yang tertinggal di bagian dalam hanya beberapa barang tembikar, sebuah pisau, dan sejumlah benda perunggu lain.

Temuan ini memberi sinar terang ke sejarah budaya Begazy-Dandybai yang hidup di bagian tengah Kazakhstan.

Para peneliti beranggapan bahwa makam seperti piramida ini diperuntukkan bagi mereka status sosial yang tinggi, kemungkinan raja, pemimpin klan, bangsawan, atau pemuka agama. Tapi selain hal tersebut bagaimana bentuk masyarakat saat itu masih misterius.

Hingga kini proses penggalian yang dipimpin oleh Igor Kukushin dari Karaganda State University masih berlangsung, sehingga temuan ini belum didokumentasikan ke dalam jurnal ilmiah.

Selain Mesir, struktur piramida juga ditemukan di beberapa negara lain, seperti Meksiko dan Yunani. Tetapi penemuan baru di Kazakhstan ini merupakan piramida yang memiliki bentuk paling identik dengan struktur di Mesir.

Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Piramida berusia 3.000 tahun ditemukan di Kazakhstan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com