Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa?

Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa?

Masih ingat dengan bocah obesitas asal Karawang bernama Aria yang jalani operasi bariatrik lambung untuk turunkan berat badannya? Operasi ini dilakukan dengan prosedur memotong lambung menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya.

Dengan ukuran lambung yang lebih kecil, tentu saja pola makan seseorang yang menjalani operasi tersebut akan berubah menjadi lebih sedikit. Lalu bagaimana mereka bisa menjaga asupan nutrisinya tercukupi saat berpuasa di bulan Ramadan ini ya?

Spesialis gizi klinik dari OMNI Hospitals Alam Sutera, dr Jenny M Kusumo, SpGK mengatakan bahwa pasien yang sudah menjalani operasi bariatik dapat melakukan puasa bila sudah dapat makan dengan baik, misalnya tidak mengalami mual ataupun muntah.

“Tiap pasien mempunyai toleransi yang berbeda. Sebaiknya disarankan menjalankan puasa setelah 4-6 bulan setelah operasi,” kata dr Jenny, sapaannya, kepada detikHealth.

Karena asupan makanan mereka yang sedikit, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering. Akan tetapi saat berpuasa, asupan mereka hanya pada saat sahur dan berbuka.

dr Jenny menyebutkan, pasien bangun sahur lebih pagi lalu minum segelas air putih, dan setengah jam kemudian makan nasi 3-4 sendok makan, lauk 1-2 potong dan sayur. Tiga puluh menit kemudian baru minum air putih disertai suplemen vitamin B kompleks, kalsium, vitamin D3, dan akhirnya 15 menit sebelum imsak minum susu dan air.

Sementara pada saat berbuka, ia menyebutkan pola makan yang disarankan hampir sama. Namun untuk meminum susunya dilakukan menjelang hendak tidur di malam hari.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik

Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik   Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik   Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik   Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik   Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik   Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik   Pernah Operasi Bariatrik untuk Kecilkan Lambung, Bolehkah Berpuasa? untuk pernah operasi lambung kecilkan bolehkah berpuasa bariatrik