Home » Berita Terkini » Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek?
Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek?

Kebanyakan orang berpikir bahwa hampir semua penyakit disebabkan oleh bakteri sehingga sebaiknya segera diatasi dengan mengkonsumsi antibiotik. Padahal, menurut pakar kesehatan, kita tidak harus selalu mengkonsumsinya saat jatuh sakit karena alasan ini.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa masih banyak terjadi kesalahpahaman dalam hal penggunaan antibiotik di masyarakat. Tidak semua penyakit ternyata harus diobati dengan antibiotik karena penyakit ini disebabkan oleh virus, bukannya bakteri. Jika kita tetap saja mengkonsumsi antibiotik pada penyakit yang tidak dipicu oleh bakteri, hal ini justru akan meningkatkan kemungkinan terjadinya resistensi antibiotik pada tubuh.

Beberapa penyakit yang ternyata sama sekali tidak membutuhkan antibiotik untuk menyembuhkannya adalah sakit panas, flu, dan batuk. Bahkan, muntah-muntah dan diare yang tidak disertai dengan darah karena memang tidak disebabkan oleh bakteri. Penyakit-penyakit ini tersebut cukup diobati dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memperbanyak waktu beristirahat sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan penyebab penyakit tersebut.

Dr. H. Masfar Salim, MS, SpFK yang berasal dari Bidang Kajian Obat dan Farmakoterapi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahkan menyebutkan bahwa penyakit yang kerap kita alami seperti flu, batuk, atau kenaikan suhu tubuh termasuk dalam gejala infeksi pada saluran pernafasan atas yang dipicu oleh visus sehingga tidak perlu diobati dengan antibiotik.

Jika kita terlalu sering mengkonsumsi antibiotik meskipun tidak ada bakteri yang menyebabkan penyakit, dikhawatirkan respons tubuh pada antibiotik ini menurun sehingga ke depannya jika kita jatuh sakit yang dipicu oleh bakteri, bakteri ini tidak bisa benar-benar dibunuh oleh antibiotik yang kita konsumsi dan membuat proses penyembuhan penyakit menjadi sulit untuk dilakukan.

Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Perlukah Minum Antibiotik Jika Sedang Batuk Atau Pilek? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com