Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu

Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu

Gula Jawa, Aren dan Palem memiliki rupa yang hampir sama. Warna ketiganya juga mirip antara satu dengan lainnya. Dan umumnya, ketiga gula ini dikenal sebagai gula merah. Namun ternyata ladies, dilansir dari lamanĀ Liputan6.com, ketiga gula ini adalah gula yang berbeda antara satu dengan lainnya. Perbedaan terdapat pada proses pembuatan maupun kegunaannya.

Penasaran seperti apa perbedaan gula Jawa, Aren dan Palem? Simak ulasannya berikut ini.

Gula Jawa
Gula yang pertama kita ulas adalah gula Jawa. Ini merupakan salah satu gula merah yang mudah ditemukan di pasaran dan disukai banyak orang. Biasanya, gula Jawa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau pemanis minuman. Ini merupakan gula yang kerap dipakai untuk membuat masakan tradisional dan khas Indonesia seperti gudeg dan jajanan tradisional seperti getuk juga gemblong.

Gula Jawa umumnya memiliki bentuk silinder kecil yang padat. Gula Jawa terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Cara membuatnya dengan direbus hingga mendidih dan membentuk karamel yang kemudian dicetak sebagai gula Jawa.

Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren

Gula Aren
Untuk gula merah kedua adalah gula aren. Banyak orang mengira bahwa gula aren dan gula Jawa sama. Namun keduanya sebenarnya berbeda ladies. Gula Aren terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa. Beberapa juga dicetak seperti gula Jawa.

Dibandingkan dengan gula Jawa, gula Aren memiliki warna yang lebih terang yakni kuning kemerahan. Teksturnya lebih empuk, rasanya lebih manis dan mudah mencair. Biasanya, gula Aren digunakan sebagai saus untuk cendol, kolak, wedang ronde dan minuman kunyit asam.

Gula Palem
Yang ketiga adalah gula Palem. Dibanding gula Jawa dan Aren, tekstur gula Palem lebih empuk. Warnanya kecokelatan dengan tekstur menyerupai gula pasir yang dipadatkan. Gula Aren sering disebut sebagai gula pasir cokelat atau gula semut.

Gula Aren terbuat dari nira atau sari batang tumbuh palem. Aromanya begitu khas dan wangi. Biasanya, gula tradisional ini banyak digunakan sebagai pemanis kue tradisional maupun kue modern.

Itulah perbedaan gula Jawa, Aren dan Palem ladies. Jadi, sudah makin tahu kan gula mana yang cocok untuk setiap masakan dan makanan yang hendak kamu buat di rumah? Semoga informasi ini bermanfaat.

Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren   Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren   Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren   Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren   Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren   Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren   Perbedaan Gula Jawa, Aren dan Palem yang Penting Kamu Tahu yang tahu perbedaan penting palem kamu jawa gula dan aren