Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT

Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT

IBOQQNEWS.com – Observatorium nasional Bosscha yang berada di Lembang, Jawa Barat, tidak akan lagi menjadi wahana resmi pengamat bintang yang terbesar dan tercanggih di Indonesia.

Pemerintah berencana membangun observatorium baru yang jauh lebih besar di wilayah Gunung Timau, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kepala Biro Kerja Sama Hubungan Masyarakat dan Umum LAPAN, Chris Dewanto, menjelaskan bahwa diameter teleskopnya lebih dari tiga meter. Sebagai perbandingan diameter teleskop utama Bosscha sebesar 60cm.

Area observatorium di Kupang nantinya juga akan memiliki luas sekitar 30 hektar. Lokasinyapun memperhatikan kemungkinan munculnya berbagai tempat wisata di sekitarnya sehingga tidak bakal terlalu ramai seperti yang terjadi di Bosscha sekarang ini.

“Semacam ada jarak, begitu,” tambah Chris.

Ia mengatakan saat ini tengah meminta proses izin pakai hutan untuk pembangunan observatorium peneman Bosscha itu. “Observatorium tersebut nanti bisa digunakan pada tahun 2019,” ujar Chris.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Gunung Timau dipilih karena daerahnya gelap, jarang sekali hujan, dan sedikit awannya. Jadi, para peneliti akan melihat pemandangan alam semesta dengan lebih jelas.

Wacana ini sebenarnya sudah mulai terdengar pada pertengahan tahun 2015. Saat itu Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa pembangunan akan dilakukan tahun ini, jika perizinan sudah selesai, seperti diwartakan Antaranews (7/10/2015).

Pemerintah setempat sudah memberikan izin untuk pembangunan observatorium. LAPAN masih menunggu izin prinsip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hal ini dikarenakan bangunan observatorium baru menggunakan hutan lindung.

“Hutan lindung di NTT tidak banyak pohon jadi kalaupun nanti dibangun, observatorium itu tidak banyak pohon yang dipotong, bahkan nanti dari rencana pembangunan akan menambah pohon-pohon di sekitar observatorium,” jelas Thomas.

Lembang dianggap sudah tidak memadai. Alasannya karena letak dan lingkungan sekitar bangunan observatorium berumur 90 tahun tersebut sudah begitu padat.

Meskipun awalnya observatorium ini akan dibangun tahun ini, tapi berdasarkan laporan terakhir Antaranews (28/6), Stefanus Baha, Kepala Bagian Humas Pemda Kabupaten Kupang, menyatakan pembangunan baru akan dimulai pada 2017. Dibutuhkan dana triliunan rupiah untuk bisa mewujudkannya.

Bila sudah dibangun, maka Indonesia akan mempunyai dua observatorium nasional. Observatorium di Bosscha tetap digunakan, dan yang baru dikhususkan untuk mendukung kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi berkaitan dengan penelitian tata surya.

Observatorium di Kupang itu diperkirakan dapat digunakan selama 100 tahun. Bosscha sendiri sudah digunakan sejak 1928.

Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Observatorium terbesar di Indonesia akan dibangun di NTT video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi