Home » Berita Terkini » Nenek moyang ular ternyata berkaki empat
Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Nenek moyang ular ternyata berkaki empat

IBOQQNEWS.com – Semua orang tahu kalau ular itu adalah binatang melata dan tidak memiliki kaki untuk bergerak. Ular menggunakan otot perutnya untuk bergerak atau berjalan.

Namun siapa yang menyangka, ternyata nenek moyang ular diketahui sempat memiliki empat kaki, sebelum akhirnya bermutasi dan kehilangan semuanya. Berdasarkan dua studi terbaru yang dilansir National Geographic, Minggu (23/10/2016), hal itu terjadi kira-kira 150 juta tahun yang lalu.

Nature World News (26/10) menyebutkan, penemuan ini memberikan kabar baik bagi ahli herpetologi, atau ahli reptil dan amfibi, yang telah lama mencari tahu bagaimana terjadinya mutasi genetik yang menyebabkan ular kehilangan tangan dan kakinya.

Kedua studi mengindikasikan bahwa DNA ular, yang populer disebut sebagai Zone of Polarizing Activity Regulatory Sequence (ZRS), pada dasarnya bertanggung jawab dalam perubahan tersebut.

Pada studi pertama, para peneliti mengambil sejumlah embrio tikus dan mengganti ZRS DNA mereka dengan milik ular. Hasilnya, kaki tikus tersebut tidak berkembang secara normal, membuktikan peran penting dari ZRS.

“Ini adalah satu dari banyak komponen instruksi DNA yang dibutuhkan untuk membentuk anggota tubuh pada manusia dan, pada dasarnya, seluruh vertebrata berkaki lainnya. Pada ular (DNA) itu rusak,” kata Axel Visel, dari Lawrence Berkeley National Laboratory di Amerika Serikat, seperti dikutip Daily News & Analysis (27/10).

“Mungkin inilah satu dari beberapa langkah evolusi yang terjadi pada ular, yang tak seperti sebagian besar mamalia dan reptil, tidak lagi bisa menumbuhkan anggota tubuh,” lanjut Visel.

Axel dan peneliti lainnya mulai mencari tahu pada gen ular yang diketahui memiliki ikatan terdekat pada rantai keluarga ular seperti kobra dan piton yang diketahui masih memiliki struktur kaki pada ototnya.

Lalu pada studi kedua, peneliti menggunakan metode DNA-editing atau yang lebih dikenal dengan Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats (CRISPR). Metode ini melibatkan pemotongan ZRS dalam embrio tikus dan menggantinya dengan binatang lain, termasuk ular.

Hasilnya, kaki-kaki tikus tersebut berkembang normal ketika mereka memiliki DNA ZRS dari manusia dan binatang lainnya. Namun, ketika ZRS dari kobra dan piton dimasukkan, anggota badan tikus tersebut tidak berkembang sama sekali.

“Hasil percobaan ini mengindikasikan dimungkinkannya kaki untuk kembali tumbuh pada ular yang ada saat ini tanpa harus melalui sebuah proses evolusi yang panjang,” kata Martin J. Cohn, ahli biologi dari University of Florida.

Cohn dan rekannya Francesca Leal juga menemukan adanya gen “Sonic Hedgehog” (SHH) pada piton, sebuah gen yang diperlukan untuk mengembangkan tangan dan kaki.

Dalam penelitian terbaru Cohn dan Leal yang dipublikasikan jurnal biologi, mereka menemukan gen SHH sempat aktif pada tahap tertentu dalam perkembangan ular piton.

Itulah sebabnya, ada ular piton yang memiliki cakar kecil yang menonjol dari kulit. Mereka mulai mengembangkan tungkai. Itu artinya, ada kemungkinan bagi piton untuk menumbuhkan kaki dan tidak memerlukan siklus evolusi penuh.

Mereka hanya membutuhkan gen yang tepat untuk membantu menumbuhkan anggota tubuh yang dulu pernah dimilikinya sebelum berevolusi. Cohn pun melihat adanya implikasi masa depan untuk studi evolusioner.

“Saya pikir hasil ini dapat menjadi pondasi untuk melakukan studi komparatif lebih jauh untuk mengamati bagaimana organ dan strukturnya menghilang selama waktu evolusi,” pungkasnya.

Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Nenek moyang ular ternyata berkaki empat video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com