Home » Berita Terkini » Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan
Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan

IBOQQNEWS.com – Mengunjungi Bulan sebentar lagi tidak hanya dapat dilakukan oleh para astronaut pemerintah. Kantor Administrasi Penerbangan Amerika Serikat (FAA) untuk pertama kalinya memberikan izin ke perusahaan partikelir Moon Express untuk dapat melakukan perjalanan dari Bumi ke Bulan.

Namun izin itu tidak mudah diperoleh dan harus melalui prosedur nan panjang serta rumit. Menurut Space.com (Rabu 3/8/2016), FAA memberikan izin tersebut setelah berkonsultasi dengan berbagai agensi lain, termasuk NASA dan Gedung Putih.

Moon Express mengatakan tantangan terbesar mereka adalah tidak adanya regulasi yang mengatur perjalanan ke luar angkasa pertama di Amerika Serikat.

Setelah bekerja sama dengan perusahaan perakit Rocket Lab pada Oktober 2015 dan memenuhi Commercial Space Launch Competitiveness Act pada November 2015, mereka akhirnya baru dapat mengirimkan proposal ke FAA pada April lalu.

Kemudian proposal tersebut melewati Departemen Luar Negeri, Departemen Pertahanan, NASA, National Oceanic and Atmospheric Administration, dan akhirnya Federal Communications Commission.

Commercial Space Launch Competitiveness Act adalah aturan hukum penerbangan AS ke antariksa. Salah satu poin di dalamnya menyatakan izin juga berarti perusahaan swasta berhak menyimpan sumber daya apapun dari luar angkasa. Jadi, apabila Moon Express mau mengeksplorasi Bulan, itu tidak akan melanggar hukum.

Misi pertama Moon Express adalah mendapatkan pendanaan dan menyelesaikan tantangan teknis untuk mendaratkan robot, serta beberapa instrumen penelitian lainnya pada akhir tahun 2017. Misi Moon Express ini ke depannya akan membantu penilaian, penggalian, dan pemanfaatan sumber daya di Bulan seperti air es.

Menurut rencana mereka akan meluncurkan instrumen sebesar koper MX-1 dari Selandia Baru dengan menunggangi roket eksperimen Rocket Lab Electron Booster.

Perusahaan dengan 26 karyawan tersebut berharap dapat memenangi kompetisi Google Lunar X-Prize. Sebagai informasi, kompetisi ini menawarkan hadiah total USD30 juta atau sekitar (Rp395 miliar) bagi pihak partikelir yang mampu mendaratkan kendaraan robotik pribadi di Bulan.

Selain itu, kendaraan tersebut harus menempuh jarak 500 meter di permukaan Bulan dan mengirimkan konten berkualitas gambar tinggi (High Definition) dari Bulan ke Bumi.

Kompetisi itu dimulai sejak 2007 dan akan berakhir pada 2017. Moon Express adalah salah satu dari 16 peserta.

Perusahaan berbasis di California ini baru masuk kompetisi pada 2012. Dari seluruh tim, baru dua tim yang telah memperoleh kontrak untuk terbang ke Bulan yakni Moon Express dengan Rocket Lab dan perusahaan nirlaba SpaceIL asal Israel. Tetapi baru Moon Express yang telah mendapat izin terbang melewati batas orbit dan mendarat di Bulan.

Jika berhasil, Moon Express akan menjadi entitas keempat dalam sejarah yang berhasil mendarat di permukaan bulan setelah AS, Uni Soviet, dan Tiongkok. Meski Moon Express akan melakukan sebagian besar misinya secara mandiri, mereka tetap berada di bawah pengawasan NASA.

Sejumlah pengamat antariksa mengatakan bahwa pemberian izin terhadap Moon Express merupakan tonggak sejarah baru bagi usaha penjelajahan dan ekspansi manusia ke luar angkasa. Sinyalemen tersebut akan memudahkan perusahaan swasta atau organisasi lain untuk mengirimkan benda ke luar angkasa.

Pemberian izin kepada Moon Express juga diharapkan akan menumbuhkan inovasi baru yang dapat mengurangi biaya pengiriman barang ke luar angkasa.

Sementara itu perusahaan swasta lain, SpaceX, mulai mempersiapkan ekspansi layanan luar angkasanya. Memiliki target yang lebih besar, SpaceX berencana mengirim pesawat antariksa tanpa awak ke Mars pada 2018 dan mengirimkan manusia ke Planet Merah pada 2025.

Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Moon Express, partikelir pertama untuk misi ke Bulan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com