Misteri ikan bersenandung terpecahkan

Misteri ikan bersenandung terpecahkan

IBOQQNEWS.com – Pada manusia, hormon melatonin merupakan semacam zat untuk membuat manusia lebih mudah tertidur dan meningkatkan kualitas istirahat. Namun pada ikan spesies plainfin midshipman (Porichthys notatus), hormon tersebut ternyata memiliki fungsi lain.

Dilansir dari The Christian Science Monitor (23/9), pada 1924, seorang mahasiswa bernama Charles Greene mendeskripsikan bagaimana “ikan bernyanyi california” bersenandung pada malam hari.

Ikan tersebut umumnya menetap di pantai Pasifik dari Alaska sampai Baja California. Temuan mengapa ikan jenis ini sangat vokal pada malam hari menjadi misteri, hingga pada akhirnya terungkap baru-baru ini.

Selama 18 bulan meneliti, Robert McCauley dari Curtin University di Perth, Australia, menggunakan dua alat untuk merekam suara di dalam laut. Perekam ini diletakkan dengan jarak 21,5km dari titik pantai Port Hedland di bagian barat Australia. Alat yang diletakkan di kedalaman 8 dan 18 meter ini merekam suara asing yang terjadi pada waktu yang berbeda-beda tiap harinya. Hasilnya suara akan semakin kencang saat fajar dan senja.

Studi berjudul Bioacoustic yang dipublikasikan 3 September, menuliskan bahwa terdapat tujuh suara asing terdengar pada awal musim semi dan akhir musim panas. Mayoritas suara dalam laut tersebut dihasilkan oleh perulangan suara dari ikan.

The New Yorker menuliskan bahwa sejauh ini ada lebih dari 800 spesies ikan yang dikonfirmasi membuat suara. Bahkan beberapa diantaranya melakukan aksi tersebut untuk menarik pasangan di bagian lain samudera sehingga suaranya kencang.

Selama musim pembiakan, ikan plainfin midshipman betina akan mengeluarkan suara seperti mengorok. Sedangkan ikan jantan akan berusaha menarik para betina ke sarang dengan senandung yang keluar dari getaran kantung kemih berisi gas di bagian perut.

Suara yang keluar dapat berlangsung hingga dua jam. Dilakukan secara bersamaan dengan ikan-ikan lain, maka keluaran suara terdengar seperti suara gasing, formasi pesawat jet, atau sekumpulan lebah.

Lalu mengapa terjadi malam hari? Andrew Bass dan Ni Feng dari Cornell University, New York Amerika Serikat, menyatakan dalam jurnal Current Biology bahwa aksi bersenandung tidak terjadi secara spontan, tapi berdasarkan waktu biologis.

Para peneliti membawa sejumlah ikan plainfin midshipman jantan ke laboratorium. Dalam terang konstan, satu kondisi yang menurunkan produksi melatonin, senandung tidak terjadi. Sedangkan kegelapan konstan, ikan bersenandung karena tingkat melatoninnya meningkat. Membuatnya terjaga dan mulai bersenandung.

Ketika terjaga dalam cahaya konstan tapi diberi substitusi seperti melatonin, mereka juga mengeluarkan suara, meskipun secara acak dalam sehari. Sederhananya zat melatonin memiliki efek berbeda pada ikan ini dibandingkan pada manusia, mamalia, dan burung.

Feng, pemimpin studi tersebut mengatakan bahwa semua hewan mengeluarkan melatonin. “Studi kami dapat menunjukkan bahwa ikan bersenandung dapat menjadi model untuk mempelajari hormon dan perilaku komunikasi vokal yang berhubungan dengan proses reproduksi, yang dilakukan banyak spesies vertebrata,” ujarnya.

Reuters menuliskan (22/9), panjang ikan plainfin midshipman bisa mencapai 38cm, dan umumnya berwarna coklat zaitun. Namanya berasal dari deretan organ bercahaya pada sisi bawah, yang mengingatkan para peneliti akan kancing pada seragam mahasiswa akademi angkatan laut (midshipman).

Ikan-ikan jantan bermigrasi selama akhir musim semi dan musim panas dari kedalaman lepas pantai ke daerah perairan pasang surut dangkal. Tempat mereka membangun sarang di bawah perlindungan berbatu.

“Pada awal 1980an, suara misterius sebabkan kekhawatiran warga yang tinggal di rumah terapung di Sausalito Bay, California, yang menduga sumbernya mungkin pompa dari instalasi limbah, saluran listrik di bawah air, beberapa percobaan oleh Angkatan Laut atau bahkan mungkin ekstraterestrial,” kata Andrew Bass.

“Namun diketahui bahwa suara tersebut ternyata hasil efek resonansi ‘senandung’ ikan midshipman jantan ke rumah terapung mereka.”

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Misteri ikan bersenandung terpecahkan video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi