Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry

Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry

IBOQQNEWS.com – Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, sudah berakhir pada Minggu (8/1/2017). Namun, beberapa gawai yang dipamerkan masih ramai dibahas, termasuk ponsel terakhir yang dirancang oleh BlackBerry.

Pada pameran elektronika terkemuka itu, TCL Communication memajang sebuah ponsel dengan fitur yang telah lama identik dengan BlackBerry, papan ketik QWERTY fisik.

TCL, mengutip The Verge (16/12/2016), telah membeli sebagian besar hak untuk merancang, memproduksi, menjual, dan memberikan layanan konsumen untuk semua perangkat mobile bermerek BlackBerry. Sebelumnya, TCL juga telah memproduksi dua ponsel jenama BB, DTEK50 dan DTEK60.

BB belum mengumumkan nama resmi ponsel terbaru itu. Namun kemudian dalam sebuah tulisan di laman resmi BB (9/1), Ralph Pini, COO dan General Manager, Mobility Solutions, BlackBerry, menyebutnya “Mercury”, lengkap dengan tanda kutip.

“Kami sangat bersemangat akan kedatangan ponsel pintar “Mercury” dari BlackBerry. Ia akan menjadi ponsel terakhir yang kami desain dan rekayasa sendiri,” tulis Pini. “Rekanan lisensi global kami, TCL, akan memanufaktur Mercury dan membawanya ke pasar di banyak negara di dunia.”

Kehadiran Mercury di CES 2017 mengonfirmasi kabar soal bakal keluarnya ponsel itu yang sudah berembus sejak November tahun lalu.

Sambutan terhadap kehadiran Mercury ini cukup meriah. Ia mengingatkan kembali akan rasa menggunakan tombol QWERTY fisik. Selain itu, seperti disebutkan Pini, Mercury juga didesain langsung oleh BB, tak seperti DTEK50 dan DTEK60 yang dirancang TCL.

Menurut CrackBerry (9/1), TCL menampilkan Mercury di CES 2017 untuk menunjukkan keseriusan mereka dalam mengembangkan jenama BB.

TCL, walau mengizinkan beberapa wartawan mencobanya, tidak membeberkan detail spesifikasi Mercury, bahkan ukuran layarnya.

“Kami menantikan untuk mengungkap detail seputar ponsel BlackBerry yang dirancang berbeda dan mengesankan ini pada Mobile World Congress bulan depan,” kata Steve Cistulli, Presiden dan General Manager TCL Communication North America, dikutip TechTimes (4/1).

Mobile World Congress (MWC) akan berlangsung di Barcelona, Spanyol, 27 Februari-2 Maret 2017.

Akan tetapi, GSMArena dan TechTimes membeberkan beberapa fitur pada Mercury yang sempat mereka coba.

Mercury menggunakan layar sentuh IPS LCD 2.5D berukuran antara 4,5 inci-4,7 inci full HD. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 7.0 Nougat. Penambahan pada perangkat lunak tersebut adalah aplikasi keamanan dan komunikasi yang sudah menjadi ciri khas BB.

Sebagai otak gawai, Mercury kemungkinan besar menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 821, didampingi prosesor grafik Adreno 530, memori internal 64GB dan RAM 4GB.

Pada bagian belakang dipasang kamera 13MP sementara kamera 8MP digunakan di depan.

Fitur unggulannya adalah papan ketik QWERTY yang bisa berfungsi sebagai track pad. Artinya, pengguna bisa menggerakkan kursor di layar dengan menggerakkan jari di papan ketik tersebut.

Digital Trends (6/1) meramalkan masa depan Mercury bakal menjanjikan jika harga dan spesifikasi yang ditawarkan bisa bersaing dengan ponsel premium lain yang beredar di pasaran.

Ia juga bakal menarik perhatian mereka yang menyukai gawai berpapan ketik fisik dan yang sangat memperhatikan masalah keamanan perangkat lunak.

Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mercury, ponsel terakhir yang dirancang BlackBerry video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi