Home » Berita Terkini » Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara!
Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara!

Pada dasarnya, suara serak diakibatkan oleh infeksi atau virus yang menyerang pita suara kita.

Misalnya, flu dan batuk, yang biasanya membuat suara kita menjadi serak.

Namun, rupanya bukan hanya itu penyebab suara kita menjadi serak. Tapi, suara serak juga bisa timbul akibat asam lambung, loh!

Yang lebih parahnya, ternyata asam lambung juga bisa membuat kita terkena kanker pita suara!

Menurut dr. Zainal Adhim, Sp. THT – KL, Ph.D., yang merupakan seorang dokter spesialis THT di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, suara serak bisa diakibatkan oleh faktor stress dan asam lambung.

“Stress itu memicu asam lambung naik.”

“Nah, asam lambung itu kadang-kadang menimbulkan refluks (rasa nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esophagus) ke atas dan itu mengindikasi suara serak,” ujarnya.

Jadi, asam lambung sebenarnya bisa mengakibatkan peradangan pada pita suara atau bahkan bagian lain dari tenggorokan.

Jika hal itu dibiarkan, peradangan akan berubah menjadi kanker yang akan bersarang pada pita suara.

Hal itu dikarenakan refluks asam yang naik ke tenggorokan dapat membuat tenggorokan dan pita suara kita menjadi iritasi.

Iritasi pada pita suara kita akan menimbulkan gejala sakit tenggorokan, suara serak, penumpukan lendir, hingga munculnya benjolan di pita suara yang menjadi sebab dari kanker pita suara.

Menurut dr. Zainal, banyak kasus yang menunjukkan hal tersebut.

Pasien tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukkan akan mengakibatkan suara serak.

Tapi, penyebabnya diawali dengan stress hingga naiknya asam lambung yang membuat tenggorokan menjadi iritasi.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati jika memiliki asam lambung, asam lambung harus dijaga agar tetap stabil.

Sebaiknya, kita menghindari makan di malam hari. Usahakan untuk tidak makan 2 jam sebelum tidur karena hal ini bisa menyebabkan asam lambung akan naik.

Selain itu, kita juga harus menghindari stress tingkat tinggi yang akan membuat asam lambung kita menjadi lebih buruk, supaya asam lambung tidak akan naik dan tidak memberi efek pada pita suara kita.

Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengerikan, Asam Lambung Bisa Bikin Suara Serak Bahkan Kanker Pita Suara! video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com