Home » Berita Terkini » Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya..
Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya..

Suhu dingin pagi itu (11/4/2017) di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur serasa menghujam tulang. Jarum jam di dinding menunjukkan pukul 04.00 WIB. Berbekal jaket tiga lapis, saya beranjak dari kamar menuju teras homestay.

“Ayo dipilih ojeknya. Terserah sama siapa saja. Nanti kita langsung berangkat,” kata salah seorang pengojek saat menjemput saya bersama rekan-rekan jurnalis di homestay.

Mesin motor dinyalakan. Dalam sekejap suasana sunyi Desa Argosari berubah. Suara raungan knalpot dari motor-motor pengojek langsung meramaikan sepanjang jalan.

Hari masih gelap. Hanya lampu motor yang menerangi jalan setapak. Jurang-jurang bukit nan terjal masih belum terlihat. Namun, para pengojek yang mengantarkan kami tak terlihat ragu sedikit pun.

“Sudah biasa mas sama jalannya. Hafal juga,” kata pengojek yang memboncengi saya.

Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Pengojek bersiap untuk mengantarkan rekan-rekan jurnalis dari Jakarta untuk menikmati momen-momen matahari terbit dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Mengejar momen matahari terbit bisa dibilang salah satu aktivitas yang tak boleh tertinggal saat berlibur khususnya di dataran tinggi. Bangun tidur sebelum matahari terlihat di tengah suhu yang dingin adalah tantangan tersendiri yang mesti dijalani.

Tak perlu waktu lama untuk bermanuver di medan tanah yang meliuk-meliuk dan diterpa udara dingin. Hanya dalam hitungan waktu 10 menit, saya tiba di pelataran parkir yang berjarak sekitar 150 meter dari Puncak B29.

Belum selesai perjuangan untuk mendapatkan titik terbaik melihat matahari terbit. Perjalanan mesti dilanjutkan dengan mendaki medan tanah yang cukup menanjak sekitar 100 meter. Dengan sisa-sisa tenaga ketika mendaki, saya tiba sekitar pukul 04.50 WIB.

Puncak B29 sendiri berbentuk tanah lapang. Setiap sisi menawarkan pemandangan yang menarik. Ada Gunung Batok, Bromo, Semeru, Raung, Lemongan, dan Argopuro yang menjadi daya tarik untuk dilihat. Matahari terbit tepat dari arah Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro.

Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Wisatawan tengah mengabadikan momen-momen matahari terbit dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Momen-momen matahari terbit dari Puncak B29 saat itu tak terlalu sempurna. Langit sedikit dipenuhi oleh awan-awan hitam. Warna biru langit perlahan bercampur dengan jingga dari matahari. Sementara di sisi barat, pancaran sinar bulan masih tersisa.

Meski demikian, pendaran sinar matahari ke gunung-gunung di arah timur Puncak B29 serasa menyihir mata. Gradasi warna langit berubah cerah. Pelan-pelan keindahan lautan pasir Gunung Bromo mulai tersingkap.

“Yuk foto-foto,” ajak saya kepada salah seorang rekan.

Beberapa rekan jurnalis lain yang juga merangkap fotografer tak mau ketinggalan momen. Mereka memasang tripod untuk membuat timelapse matahari terbit. Saya memilih berkeliling Puncak B29.

Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Wisatawan tengah mengabadikan momen-momen matahari terbit berlatar belakang Gunung Semeru dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Pemandangan yang ditawarkan dari Puncak B29 adalah Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Saat itu wisatawan lain juga tampak asyik menikmati momen-momen matahari terbit. Tangan mereka tak lepas dari telepon pintar untuk membekukan momen. Adapula beberapa wisatawan yang memilih menginap di Puncak B29 menggunakan tenda.

Wisatawan dari Surabaya, Carolina Lestari adalah satu dari puluhan wisatawan yang ada di Puncak B29. Ia datang bersama empat orang rekannya khusus untuk melihat matahari terbit.

“Saya dari Surabaya memang niat ke B29. Saya naik mobil sama teman-teman. Pemandangannya bagus di sini,” kata Carolina kepada KompasTravel.

Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Puncak B29 adalah salah satu spot untuk menikmati momen matahari terbit.

Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Puncak B29 adalah salah satu spot untuk menikmati momen matahari terbit.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Mulai ramai sejak 2013

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Budiyanto mengatakan Puncak B29 mulai ramai dikunjungi sejak tahun 2013. Ia mulai mengembangkan wisata Puncak B29 di tahun yang sama.

“Dulu populernya Puncak Songolikur (sebutan angka 29 dalam bahasa Jawa). Tapi saya ganti saja jadi B29,” kata Budiyanto saat ditemui di rumahnya.

Ia menuturkan Puncak B29 memiliki ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ketinggian tersebut sesuai dengan tinggi Puncak B29.

Sejak tahun tersebut, pengembangan wisata Puncak B29 dibarengi dengan pengaturan ojek. Ia mengatakan kini setidaknya ada 76 ojek yang terdaftar di bawah pengelolaan Pokdarwis Desa Argosari.

Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Mengejar Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang, Indahnya.. video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com