Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor

Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor

Sebelum kemerdekaan, bangsa Indonesia dipimpin oleh Belanda dengan nama Hindia Belanda, walaupun sempat juga dipimpin Inggris. Ternyata makam para tokoh kala itu tidak dipulangkan ke Belanda, melainkan di Indonesia.

Makam Belanda ini ada di dalam Kebun Raya Bogor (KRB). Puluhan nisan besar ini tersusun rapi, tepatnya di KRB seberang Kantor Utara KRB dan Istana Bogor. Dari Gerbang Nomor dua untuk pejalan kaki, bisa dijangkau dengan berjalan kaki, mengikuti arah menuju Istana Bogor.

Tak hanya para pemimpin negara, yang kala itu disebut Gubernur Jenderal, tetapi orang-orang penting lainnya di VOC, peneliti terkemuka, hingga ahli hukum negara.

Tak banyak yang tertarik pada komplek makam tersebut, padahal jika dilihat dari nilai sejarahnya orang-orang yang dimakamkan di sana pada masanya merupakan orang nomor satu di Hindia Belanda.

“Turis Belandanya sering ke sana, tiap bulan pasti ada beberapa rombongan, mungkin cucu cicitnya. Biasanya termasuk tempat yang penting buat wisatawan luar, kalau orang kita sedikit, pada gak tahu juga mungkin,” ujar Iteng, salah satu pemandu wisata di KRB pada KompasTravel, Selasa (16/5/2017).

Kepala Kebun Raya Bogor, Didik Widyatmoko saat dikunjungi KompasTravel di kantornya Selasa (23/5/2017), mengatakan makam-makam itu sudah ada sejak 30 tahun sebelum KRB berdiri.

Hal ini tebukti dari nisannya Cornelis Potmans yang tertulis wafat pada 2 Mei 1784, KRB sendiri didirikan 18 Mei 1817.

Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Beberapa wisatwan anak sedang membaca papan penjelasan situs, Selasa (23/5/2017), yang berlokasi di Kompleks makam para Gubernur Jendral Hindia Belanda dan para tokoh yang berjasa dalam pengembangan ilmu alam di Kebun Raya Bogor. (KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Di lain kesempatan, seorang budayawan di Bogor, Taufik Hassuna membenarkan bahwa di sanalah bagian dari sejarah asal-usul KRB, juga bagian dari sejarah awal Indonesia zaman Kolonial. Karena yang dimakamkan sendiri merupakan ring satu zaman kolonialisme pada masa itu.

Saat Anda berkunjung, memang tidak ada deret khusus mana gubernur jenderal dan mana deretan makam peneliti ahlinya, hampir semua makam memiliki nisan yang unik.

Pada nisan-nisan itu bertuliskan nama orang Belanda dan tahun meninggal. Sebuah tanda orang-orang Belanda telah meninggalkan jejaknya di Indonesia.

Jika diperhatikan, berbagai nisan besar di sini menggunakan jenis tulisan yang tak biasa. Bentuk-bentuk hurufnya menggunakan jenis gotik, roman, kapital, dan sambung.

Bagi orang-orang Belanda, jenis tulisan tersebut memiliki arti khusus. Penggunaan huruf gotik pada makam biasanya digunakan oleh orang-orang terhormat dan juga dianggap sakral.

Selain itu dibawah keterangan nama dan waktu hidupnya, terdpat beberapa kalimat yang melukiskan siapa orang tersebut ketika hidupnya.

Sayangnya tulisan-tulisan itu dalam bahasa Belanda, dehingga untuk membacanya perlu keahlian berbahasa Belanda.

Dari total 42 makam yang ada, baru 38 yang tercatat dengan jelas, baik di nisan maupun arsip data KRB. Sisanya masih sulit untuk ditemukan data makam tersebut.

Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Menengok Makam Para Pemimpin Zaman Kolonial di Kebun Raya Bogor video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi