Home » Berita Terkini » Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI?
Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI?

Jakarta – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan memastikan, masyarakat atau wajib pajak (WP) diwajibkan membayar pajak untuk setiap barang yang dibeli dari luar negeri. Kenapa?

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai, Robert Leonard Marbun mengatakan, membayar pajak merupakan bagian dari asas keadilan dari pemerintah kepada masyarakat. Seluruh negara juga mengimplementasikan hal yang sama.

“Karena memang best practice internasional seperti itu, kalau pergi ke luar negeri itu sama, artinya di luar juga sama, cuma tinggal besarannya, tergantung kepentingan nasionalnya,” kata dia saat berbincang dengan detikFinance di Kantornya, Jakarta, Selasa (19/8/2017).

Aturan pengenaan pajak bagi setiap barang impor penumpang tertuang dalam PMK Nomor 188 Tahun 2010. Dalam aturan tersebut juga diatur mengenai batasan dari suatu barang, untuk individu ditetapkan batasan US$ 250 dan untuk keluarga US$ 1.000.

Pengenaan pajak barang impor penumpang juga tidak asal dikenakan. Robert menjelaskan, pengenaan pajak impor barang penumpang mengacu dengan batasan yang sudah ditetapkan dalam aturan.

Adapun, barang impor penumpang yang dimaksud adalah barang-barang yang dibeli dari luar negeri baik yang dipakai maupun yang dibawa.

“Ini juga asas keadilan, misalnya kalau barang impor di luar negeri juga banyak di Indonesia, beli di sini bayar, kalau masuk dari luar negeri masa enggak bayar,” jelas dia.

Tidak hanya itu, Robert mengungkapkan, aturan pengenaan pajak bagi impor barang penumpang juga sudah diterapkan sejak lama, yakni terhitung dari 2010.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan masyarakat lebih patuh dan tidak terjebak dalam argumentasi yang berujung tidak menemui titik temu alias menghindar untuk tidak patuh.

“Yang penting itu penumpang jujur, artinya selaku warga negara, kalau baru beli kita deklarasikan,” tandas dia.

Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Kenapa Barang dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak di Bandara RI? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com