Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia’s Best 50 Bars

Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia’s Best 50 Bars

Bar cozy di Chinatown Singapura ini milik orang Indonesia. Namanya Jigger & Pony yang 3 tahun berturut-turut masuk daftar Asia’s Best 50 Bars.

Jigger & Pony berlokasi di 101 Amoy Street, Singapura. Dari luar bangunannya tidak terlihat seperti bar dengan dinding kaca bertuliskan ‘Jigger & Pony.’ Nama ini rupanya merujuk pada alat ukur klasik untuk membuat cocktail.

Ditemui detikFood awal Januari 2018, Indra Kantono selaku Co-Founder Jigger & Pony bercerita soal asal-usul nama barnya yang unik. “Sebenarnya Jigger and Pony itu alat. Seperti perangkat untuk ukur jumlah cairan,” katanya mengawali cerita.

Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50

Pria berkewarganegaraan Indonesia ini melanjutkan, “Jadi waktu itu saya lagi baca buku resep cocktail klasik dan banyak di resep-resep itu takarannya 1 jigger gin, 1 pony lemon juice. Saya merasa nama itu memberikan suatu throwback ke era zaman dahulu. Sekaligus memberi tahu pelanggan bahwa di sini semuanya diukur. Everything is measured, everything is precised.”

Jigger & Pony sudah sekitar 5 tahun berdiri di Singapura. Indra mengatakan boleh dibilang Jigger & Pony merupakan pionir cocktail bar di Singapura. Bar ini ia dirikan bersama sang istri yang merupakan mantan pramugari salah satu maskapai Singapura.

“Kita sangat bangga akan cocktail kita. Bartender kita juga sangat berpengalaman. Hampir semua bahan yang kita pakai di sini itu dibuat dari scratch. Kita buat sendiri mulai dari sirup, jus dari fresh fruits, spiritsnya yang kita pakai sangat bervariasi,” tutur Indra.

Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50

Tak heran jika Jigger & Pony berhasil masuk daftar Asia’s Best 50 Bars selama 3 tahun berturut-turut. Salah satu cocktail andalannya adalah Corpse Reviver #101.

“Sebenarnya Corpse Reviver itu adalah salah satu classic cocktail. Ada nomor 1, 2 dan 3. Yang paling terkenal mungkin yang nomor 2 ya. Jadi kita melihat cocktail itu sebagai inspirasi, bartender kami memberi ciri khas tersendiri jadi kita buat versi ke 101. Kebetulan 101 juga nomor alamat kita. Jadi ini very beautiful,” ujar pria ramah ini.

Racikan Corpes Reviver #101 ini terdiri dari Babicka Vodka, St Germain Elderflower Liqueur, Jasmine Sweet Vermouth, lemon dan absinthe jelly. Selain itu, Indra juga merekomendasikan Yuzu Whiskey Sour. Cocktail segar yang diracik dari Bulleit rye, st germain elderflower liqueur, lemon juice, yuzu marmalade, dan putih telur.

Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50

Sukses berbisnis di negeri orang rupanya membuat Indra bahagia, terlebih ia menjalaninya berdasarkan passion. “Saya bahagia bisa mendapatkan sesuatu dari melakukan passion saya. Sebagai orang Indonesia yang bisa dibilang merantau. Suatu saat, siapa tahu kita bisa expand dan buka Jigger and Pony di Jakarta,” tutup Indra.

Jigger & Pony bisa disambangi pencinta cocktail saat di Singapura. Racikan cocktail apik ini tersedia mulai dari jam 6 sore waktu setempat. Pada Jumat dan Sabtu, bar tutup jam 3 pagi.

“Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar bersantap, dan jadilah Pecinta Makanan.”

Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50   Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50   Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50   Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50   Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50   Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50   Ini Bar Singapura Milik Orang Indonesia yang Masuk Daftar Asia's Best 50 Bars yang singapura orang milik masuk ini indonesia daftar bars bar asias 50