Home » Berita Terkini » Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping
Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping

IBOQQNEWS.com – Semakin canggih perkembangan teknologi, tidak selalu berarti semakin aman teknologi tersebut. Ada saja cara baru yang ditemukan untuk bisa meretas keamanan teknologi tersebut.

Setelah sempat terdengar mengenai peretasan kamera di laptop sehingga bisa digunakan untuk memantau kegiatan pengguna laptop dari jarak jauh, baru-baru ini sekelompok peneliti asal Ben Gurion University di Israel mengemukakan kemungkinan aktivitas mata-mata melalui headphone.

Untuk membuktikannya, para peneliti ini memanfaatkan sebuah malware bernama SPEAKE(a)R dan headphone yang terhubung dengan komputer. Malware yang dikembangkan sendiri oleh para peneliti ini kemudian menyerang sistem audio dari sebuah komputer.

Dilansir dari Wired (22/11), malware ini memiliki kemampuan untuk mengubah vibrasi yang muncul akibat suara menjadi sebuah sinyal elektromagnetik. Kemudian, ia juga dapat menipu kanal keluaran (output) pada cip audio sehingga berubah fungsi menjadi kanal masukan (input).

Hal ini sangat dimungkinkan karena penggunaan cip audio codec Realtek. Malware yang sudah disiapkan tersebut menyerang jack audio komputer dan mengambil alih fungsi dari codec RealTek, teknologi audio yang biasanya terdapat di PC.

Komputer yang terserang malware ini kemudian dapat dikendalikan dari jarak jauh untuk mengubah fungsi headphone menjadi mikrofon. Teknik ini juga berlaku untuk headphone tanpa mikrofon.

“Bahkan jika Anda mencabut mikrofon pada komputer, tapi Anda menggunakan headphone maka percakapan tetap dapat direkam,” ujar Morderchai Guri, pemimpin penelitian di Ben Gurion Cyber Security Research Labs.

Para peneliti ini menguji coba dengan headphone dari Sennheiser. Meskipun belum mencoba produk lain, kemungkinan hampir semua tipe headphone dan earphone dapat digunakan dalam proses ini.

Berdasarkan uji coba, fungsi headphone yang telah berubah mampu merekam suara pada jarak hingga 6 meter. Karenanya, peneliti percaya bahwa penyalahgunaan celah keamanan dari headphone sangat mungkin dilakukan.

Para peneliti mengatakan bahwa belum semua orang mengerti akan bahaya ancaman ini. Namun, untuk saat ini memang belum ditemukan malware lain yang bisa melakukan hal tersebut. Serangan ini juga baru bisa digunakan untuk menyerang codec audio RealTek saja.

Cip RealTek sangat umum ditemukan di komputer berbasis Windows dan Mac. Saat ini tim yang dipimpin Guri juga tengah meneliti apakah codec audio di cip gawai mobile seperti ponsel pintar juga rentan terhadap serangan ini.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin malware ini dikembangkan lebih lanjut dan untuk dapat menyerang jenis gawai tersebut.

Guri menyebutkan saat ini belum ada tambalan sederhana untuk mencegah serangan “penguping” ini. Codec audio RealTek yang memperbolehkan program mengubah saluran output menjadi input adalah bug yang tidak disengaja. Hal ini menurut Guri tak bisa diperbaiki dengan mudah, karena perlu perancangan ulang dan penggantian cip.

Sebenarnya temuan ini tidaklah baru, sudah cukup banyak video tutorial di YouTube yang juga menunjukkan bahwa headphone memang bisa digunakan sebagai mikrofon.

Hingga saat ini solusi yang paling efektif terhindar dari kemungkinan penguping adalah dengan tidak lupa untuk melepas headphone dari komputer setelah selesai digunakan.

Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Headphone dapat dimanfaatkan sebagai alat penguping video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com