Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi

Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi

Seorang mantan pejabat tingkat tinggi Komisi Antikorupsi Malaysia, Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) melaporkan mantan Perdana Menteri (PM) Najib Tun Razak atas kecurigaan menghalang-halangi penyelidikan dalam kasus-kasus yang melibatkan badan negara 1MDB dan badan dana pensiun pemerintah.

Datuk Abdul Razak Idris, mantan direktur intelijen dan investigasi MACC, mengajukan dua laporan ke badan antikorupsi tersebut pada Senin (14/5) pagi. Dalam laporan pertama, Abdul Razak menuduh Najib telah menggunakan posisinya untuk gratifikasi dan dalam laporan kedua, Najib dituduh memiliki beberapa properti yang tak dijelaskan.

“Saya juga akan membahas dengan para pejabat di sini apakah saya harus membuat laporan lainnya di sini atau dengan kepolisian sesuai Pasal 217 dan 218 KUHP di mana pegawai publik tertentu menyelamatkan satu orang dari hukuman atau properti dari penyitaan,” tutur Abdul Razak kepada para wartawan seperti dilansir media Malaysia, The Star, Senin (14/5/2018).

“Alasan saya membuat laporan hari ini adalah agar MACC bisa mengambil tindakan segera,” imbuhnya.

Ketika ditanya wartawan mengapa dia baru memutuskan untuk membuat laporan sekarang, Abdul Razak mengklaim bahwa kalaupun dirinya melaporkan hal ini sebelumnya, maka tak akan ada gunanya karena tak ada tindakan yang akan diambil.

“Beberapa juga khawatir tentang saya karena berani muncul untuk mengajukan laporan, tetapi tidak apa-apa. Umur saya sudah 69 tahun. Jika saya mati, saya mati untuk negara,” tandas Abdul Razak.

Sebelumnya, PM Mahathir Mohamad yang baru dilantik, mengumumkan pemerintahannya akan melakukan penyelidikan dugaan korupsi yang terjadi di Kejaksaan Agung, Komisi Pemilihan Umum, dan MACC. Mahathir menjadikan pemberantasan korupsi sebagai agenda kerjanya di hari pertama menjadi PM Malaysia pada Jumat (11/5) lalu.

Mahathir menjanjikan pengurangan kejahatan korupsi di Malaysia hingga ke level paling minimum. Ditegaskannya, perhatian pemerintah ditujukan kepada orang-orang yang telah menunjukkan kecenderungan korupsi atau mereka yang diketahui melakukan korupsi.

Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi   Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi   Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi   Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi   Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi   Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi   Halangi Penyelidikan 1MDB, Najib Dilaporkan ke Komisi Antikorupsi