Cara menghapus jejak di layanan Google

Cara menghapus jejak di layanan Google

Cara menghapus jejak di layanan Google

IBOQQNEWS.com – Disadari atau tidak, Google selalu menyimpan aktivitas yang kita lakukan pada mesin pencari tersebut, apalagi jika akun Gmail kita selalu terhubung dengannya. Sederhananya, Google mengetahui dan menyimpan semua data yang dikirimkan –baik secara sadar maupun tidak– oleh para penggunanya.

Google tahu mulai dari laman apa yang Anda kunjungi pada suatu malam, hingga barang yang Anda beli di sebuah situs e-dagang.

Pencatatan aktivitas tersebut berlangsung pada seluruh layanan yang dimiliki Google, yakni mesin pencari, Gmail, Maps, peramban Chrome, YouTube, hingga platform Android.

Informasi yang berhasil dikumpulkan Google ini dapat mereka jual kepada perusahaan periklanan untuk menentukan target pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan. Iklan memang salah satu pendapatan yang besar bagi Google. Dilansir dari CTV News (30/6/2016), Google berhasil mengumpulkan pendapatan hingga mencapai USD75 miliar (Rp986,8 triliun) per tahunnya dari iklan.

Hal tersebut, tentu saja menimbulkan kekhawatiran pada diri pengguna mengenai keamanan data mereka yang dimiliki Google. Bagaimana jika hanya karena salah mengklik, sebuah produk kemudian “menghantui” pengguna karena hadir di laman apapun.

Untuk itu, Google meluncurkan fitur My Activity yang memungkinkan para pengguna layanan untuk melihat seluruh aktivitas yang dilakukan. Selain melihat, pengguna juga bisa menghapus rekam jejak digital selama menggunakan seluruh layanan dari Google.

Bagi Anda yang ingin menghapus jejak yang sudah terekam dan menonaktifkan fitur ini ke depannya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama masuk ke Google Dashboard. Di laman ini Anda harus kembali memasukan kata sandi yang digunakan, ikuti langkah-langkah yang diperintahkan.

Secara default, semua aktivitas yang terekam akan disajikan berdasarkan waktu. Namun Anda dapat melihatnya lebih rinci satu per satu. Dari sini Anda dapat menghapus setiap aktivitas yang tercatat melalui pilihan di ikon titik tiga yang berada di kanan atas setiap aktivitas. Anda juga bisa menghapus semua jejak yang sudah terekam di bank data Google melalui ikon tiga titik di bagian atas linimasa (timeline).

Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Tangkapan layar penghapusan aktivitas yang tercatat

Jika Anda tak mau Google merekam aktivitas di sebuah laman, Anda dapat klik pilihan “Activity Control” di menu bagian kiri yang ditandai oleh ikon tiga garis. Dari sini Anda dapat atur penghentian pencatatan untuk setiap jenis aktivitas. Di sini Anda dapat menghentikan aktivitas perekaman dengan menggeser tombol gulir yang tersedia.

Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Tangkapan layar laman pengehentian pencatatan aktivitas di My Activity

Google juga menyediakan tautan terpisah untuk menampilkan dashboard pengaturan layanan Google lainnya seperti daftar history pencarian Play Music, informasi gawai yang digunakan, menonaktifkan video rekomendasi di YouTube, hingga riwayat lokasi.

Terakhir tersedia apa yang disebut Google Takeout. Layanan ini memberi akses pengguna untuk mengarsip dan mengunduh semua data dari Google Drive untuk dipindahkan ke layanan lain.

Sudah merasa lebih aman sekarang?

Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara menghapus jejak di layanan Google video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi