Home » Berita Terkini » Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung
Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung

IBOQQNEWS.com – Mendaki gunung butuh persiapan yang matang. Tas berupa ransel tentunya penting untuk dibawa. Namun, ransel yang digunakan untuk mendaki gunung tidaklah biasa.

Saat memilih ransel untuk mendaki gunung, Anda akan dihadapkan pilihan ukuran ransel yang bervariasi dan ditandai dengan “liter”.

Berikut KompasTravel himpun cara menentukan ukuran ransel untuk mendaki gunung dari Pemandu Pendakian Gunung dari Consina, Virgo Dirgantara; Brand Ambassador Eiger, Noerhuda; dan Pemilik Toko Patagonia Outdoor, Fandhi Achmad.

Ketahui lama pendakian

Sebelum membeli ransel untuk mendaki gunung, ketahuilah lama pendakian yang akan ditempuh. Lama pendakian 1-2 hari tentu akan berbeda dengan 6 hari.

“Kalau biasa ransel 45 liter itu untuk tiga hari, kalau di atas 75 liter itu untuk lebih dari 6 hari. Kalau yang biasanya di bawah tiga hari bisa 20-45 liter,” kata Noerhuda.

Ransel dengan ukuran kecil seperti 20 atau 28 liter tentu akan tidak nyaman digunakan untuk lama pendakian seperti enam hari.

Barang yang akan dibawa

Barang yang akan dibawa juga akan mempengaruhi ukuran ransel. Peralatan pendakian yang banyak sudah barang tentu akan membutuhkan ruang yang lebih.

Fandhi mengatakan, ada tren seperti ultra light hiking yang tak perlu membawa barang yang banyak. Ultra light hiking sendiri adalah teknik mendaki gunung yang menekankan untuk membawa peralatan dan perbekalan dengan berat seminimal mungkin, tanpa menghilangkan fungsi penting peralatan dan perbekalan tersebut.

Barang bawaan antara dua gunung yang berbeda secara karakteristik juga akan mempengaruhi ransel. Misalnya, pendakian gunung dengan suhu yang tak rendah otomatis akan membawa kantung tidur yang tipis. Hal sama juga berlaku untuk sebaliknya.

Ketahui gunung yang akan didaki

Mengetahui karakteristik gunung yang akan didaki juga menjadi bahan pertimbangan penting untuk memilih ransel. Mendaki gunung bersalju dan di kawasan tropis tentu akan berbeda.

Di gunung bersalju, menurut Fandhi, barang-barang yang digunakan berukuran besar tapi cenderung tak berat. Hal itu berbeda dengan pendakian di gunung-gunung tropis yang membutuhkan logistik pendakian yang melimpah.

Berat badan

Memilih ukuran ransel juga berdasarkan berat badan. Usahakan ransel yang Anda pilih bisa menampung berat maksimal sekitar sepertiga dari berat badan.

“Kalau rumus untuk menghitung berat beban barang barang bawaan kan paling aman sepertiga berat badan. Biar terhindar dari cidera di punggung. Sudah banyak masalah yang terjadi cidera di punggung karena kelebihan berat,” kata Fandhi atau akrab disapa Agi.

Rekan perjalanan

Ukuran ransel yang digunakan rekan perjalanan mendaki gunung juga bisa jadi bahan pertimbangan. Pasalnya, mendaki gunung lazimnya dilakukan berkelompok dan logistik pendakian akan didistribusikan secara merata.

Namun, Agi menyarankan, ukuran ransel 60 liter adalah ukuran yang paling pas untuk digunakan. Ransel ukuran 60 liter bisa digunakan untuk perjalanan pendek 2-3 hari ataupun 6 hari dengan syarat distribusi barang yang merata sesama rekan perjalanan.

Adakah porter?

Saat ini penyedia jasa porter atau pengangkut barang dalam pendakian sudah banyak ditemui di gunung-gunung. Tentu adanya porter juga akan mempengaruhi ukuran ransel yang akan dibeli.

Jika menggunakan porter saat mendaki gunung, Anda tak perlu membawa ransel dengan ukuran yang besar. Anda cukup membawa barang-barang yang dianggap penting seperti baju ganti secukupnya dan perlengkapan pribadi lainnya.

Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Cara Menentukan Ukuran Ransel untuk Mendaki Gunung video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com