Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda?

Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda?

Sedang marak di Facebook dan media sosial lainnya yang menunjukkan foto pernikahan antara ZA (14) sang mempelai pria dan pasangannya IB (15) di Kalimatan. Banyak yang mengetahui bahwa pernikahan di usia muda bukanlah pilihan yang tepat.

Tapi apakah kamu tahu data menyebutkan pernikahan anak angkanya semakin meningkat setiap tahunnya. Dari laporan UNICEF dan Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat ada 1.000 anak perempuan yang menikah setiap harinya. Risikonya?

Yang pertama adalah gangguan psikologis dan risiko kekerasan rumah tangga karena kematangan emosi yang cenderung masih belum terbentuk, menurut Rohika Kurniadi, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan, Keluarga dan Lingkungan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia beberapa waktu lalu kepada detikHealth.

Tak hanya itu, bila sang anak perempuan mengalami kehamilan di usia yang belum matang organ reproduksinya tentu saja risiko kesehatan yang menghantui juga semakin besar.

“Secara global, kehamilan merupakan penyebab utama kematian anak perempuan di usia 15-19 tahun. Ancaman kesehatan berakibat fatal ini terjadi karena remaja perempuan di bawah 18 tahun belum punya kesiapan fisik yang prima,” ujar Dr dr Julianto Witjaksono, SpOG-KFER MGO.

Kesiapan tersebut di antaranya diukur dari stamina jantung yang belum cukup baik, tekanan darah, serta kematangan organ reproduksinya yang masih kurang. Selain itu, risiko penyakit dan kelainan, terutama dalam masa kehamilan masih cenderung tinggi.

Dikutip dari detikNews, Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes M Rifai mengisahkan kedua anak tersebut menikah secara siri di kediaman nenek mempelai pria.

“Pernikahan dilaksanakan di rumah nenek dari pengantin pria pada Kamis, 12 Juli 2018 sekira jam 20.30 WITA,” jelas Rifai.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14

Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14   Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14   Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14   Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14   Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14   Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14   Bocah 14 dan 15 Tahun Nikah di Kalimantan Selatan, Apa Risiko Nikah Muda? tahun selatan risiko nikah muda kalimantan di dan bocah apa 15 14