BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal

BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal

IBOQQNEWS.com – Rupanya BlackBerry merasa bahwa strategi lisensi lebih menguntungkan bagi perusahaan dibandingkan harus memproduksi gawai sendiri. Informasi ini diperkuat dengan rilis resmi yang diunggah mereka, Rabu (28/9/2016).

“BlackBerry tidak hanya tentang ponsel pintar, tapi kepintaran dalam ponsel. Bekerja sama dengan mitra terpercaya untuk memperluas jaringan dan ketersediaan layanan perangkat lunak kami teta menjadi fokus untuk unit Mobility Solutions,” ujar John Chen, Executive Chairman dan CEO BlackBerry.

BlackBerry menyatakan akan memberikan kuasa atas desain, produksi, distribusi, sampai promosi produk ponsel pintar BlackBerry kepada perusahaan lain yang jadi mitra resminya di suatu negara.

Bersamaan dengan ini, secara resmi BlackBerry juga menyatakan dimulainya perjanjian kerja sama dengan perusahaan patungan PT BB Merah Putih. Kerja sama ini berbentuk lisensi atas perangkat lunak, layanan, dan mempromosikan gawai Android BlackBerry untuk pasar Indonesia.

Dapat dikatakan Indonesia menjadi negara pertama yang memberlakukan strategi baru ini.

“Kerja sama ini hanya satu dari sejumlah langkah kami berikutnya dalam membuat strategi lisensi perangkat lunak kami sukses,” tambah Chen.

PT BB Merah Putih akan dipimpin oleh PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk. Sebuah perusahaan manufaktur gawai lokal, yang merupakan afiliasi dari PT Telkom.

BB Merah Putih akan membuat, mendistribusikan, dan mempromosikan gawai dengan jenama BlackBerry. Gawai tersebut tentu menggunakan perangkat lunak dan sejumlah aplikasi andalan BlackBerry, yang mungkin akan seperti gawai DTEK60.

Ponsel buatan lokal lebih terjangkau

Dilansir dari detikINET (29/9), gawai hasil kerja sama ini kabarnya akan diproduksi di pabrik Tiphone di daerah Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut dioperasikan oleh PT Adi Reka Mandiri yang dimiliki oleh TiPhone dan manufaktur elektronik Taiwan Arima Communication Corporation.

Pabrik ini memiliki kapasitas enam lini produksi dengan 300 ribu unit ponsel per bulan pada enam bulan pertama. Karena diproduksi di dalam negeri, harga jual yang dipatok juga akan lebih terjangkau.

“Bentuknya bagus. Untuk pasar mid-end. Harganya nanti di bawah Rp3 juta,” ungkap Corporate Secretary TELE, Semuel Kurniawan, kepada detikINET Kamis (29/9).

Namun Semuel tidak dapat memastikan apakah nantinya pengelolaan server untuk layanan BlackBerry ini tetap akan dioperasikan di Waterloo, Kanada, atau bisa dikelola secara lokal di Indonesia.

Langkah BlackBerry dalam memproduksi ponsel Android di Indonesia ini juga merupakan bentuk pemenuhan persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang ditentukan oleh pemerintah untuk perangkat ponsel 4G.

Sebelumnya, usai rapat terbatas pada Rabu (28/9), Presiden Joko Widodo menyatakan BlackBerry Messenger (BBM) sudah dimiliki oleh pelaku usaha asal Indonesia. Pernyataan ini juga diperkuat Menkominfo Rudiantara.

“Ada perjanjian antara perusahaan Indonesia dengan BlackBerry soal BBM, di mana kalau kita bicara de facto di lapangan, semua sudah dikontrol oleh perusahaan dari Indonesia,” kata Rudiantara usai rapat dengan Komisi I DPR RI.

Rudiantara menjelaskan bahwa sudah dua bulan atau sekitar pertengahan 2016 BBM telah menjadi milik perusahaan Indonesia.

“Strukturnya bagaimana, itu masalah bisnis. Mungkin mereka belum mau ekspos kali,” ucapnya.

Kerja sama unit bisnis BBM

Pada Juni, unit bisnis BBM juga menjalin kerja sama dengan grup media Indonesia, EMTEK(PT Elang Mahkota Teknologi Tbk). Bentuk kerja sama tersebut adalah dalam hal brand, perjanjian lisensi perangkat lunak, dan hak kekayaan intelektual atas aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM).

Dilansir dari Mumbrella Asia (27/6), nilai perjanjian tersebut mencapai USD207,5 juta (sekitar Rp 2,7 triliun) dan akan berlaku selama enam tahun.

Perjanjian ini memungkinkan pengguna aplikasi BBM mengakses beragam konten yang dimiliki oleh grup EMTEK, seperti video, acara televisi free-to-air, dan koleksi lebih dari 100 ribu jam konten TV.

EMTEK juga memiliki akses untuk mengembangkan ekosistem BBM yang menggabungkan aplikasi layanan pesan, media sosial, konten, hiburan, dan e-dagang.

Lalu berapa nilai perjanjian kerja sama kali ini? Pada detikINET Semuel mengatakan bahwa nilai perjanjian yang dilakukan tidak sampai ratusan juta dollar AS.

Ia menjelaskan bahwa kerja sama antara BlackBerry dengan TiPhone berbeda dengan yang dijalin dengan EMTEK. Menurutnya, BB Merah Putih lebih menyasar ke segmen ritel, sementara EMTEK ke pasar korporat.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   BlackBerry dan Tiphone bekerja sama memproduksi ponsel lokal video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi