Home » Berita Terkini » Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA
Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA

IBOQQNEWS.com – Perlambatan ekspor Indonesia yang terpengaruh oleh melemahnya ekonomi dunia membutuhkan terobosan baru.

Dibutuhkan tekad dan komitmen bersama serta program komprehensif untuk meningkatkan ekspor Indonesia melalui Iima pilar utama strategi akselerasi peningkatan ekspor Indonesia yaitu, diversifikasi pasar ekspor, diversifikasi produk ekspor, pengembangan eksportir baru, pengembangan daerah potensial ekspor baru serta penataan ekosistem ekspor yang menyediakan fasilitas pendorong untuk mengakselerasi ekspor Indonesia.

Lima pilar utama strategi akselerasi ekspor Indonesia tersebut termuat dalam roadmap Pengembangan Ekspor Indonesia yang sedang disusun oleh Komtap Pengembangan Ekspor pada Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Peningkatan ekspor Indonesia sebesar 500% diharapkan akan dicapai dalam waktu 10 tahun, yang menjadikan ekspor Indonesia setidaknya sebesar US$ 950 miliar pada tahun 2025.

Untuk mencapai hal tersebut tentu dibutuhkan kerja sama seluruh pihak yang terkait dengan pengembangan ekspor dari pemerintah, legislatif, pelaku usaha dan masyarakat Indonesia pada umumnya serta dijaiankannya langkah-langkah strategis dan terobosan.

Namun, peningkatan target sebesar 500% di tahun 2025 nampaknya agak sulit diraih lantaran ekspor natural resources alias Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia ke beberapa negara mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan lesunya ekonomi global dan menurunnya harga komoditas di banyak negara.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Dunia usaha belum bisa menemukan pengganti dari ekspor natural resources (sumber daya alam),” jelas Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2016).

Menurutnya pemerintah perlu berikan beberapa kebijakan untuk memacu ekspor Indonesia sehingga membuat neraca perdagangan Indonesia menjauh dari defisit. Peningkatan ekspor juga dapat membuat penguatan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

“Ekspor tinggi membuat neraca perdagangan baik. Itu juga menyebabkan ketahanan ekonomi, baik peningkatan dan penguatan rupiah kita dan yang lainnya,” jelas Rosan.

Kadin sebagai induk organisasi yang merepresentasi dunia usaha Indonesia akan mengambii langkah-langkah kongkrit sesuai perannya dalam peningkatan ekspor, antara lain dengan menyeienggarakan kegiatan capacity building untuk mencetak ribuan eksportir baru dari kalangan perguruan tinggi muiai buian Agustus 2016 pada Konferensi Perdagangan Nasionai bertema Trade and Export for All yang sekaligus sekaligus pada kesempatan tersebut akan diiuncurkan rekomendasi final Roadmap Pengembangan Ekspor Nasional Indonesia 2016-2025.

Pemerintah Diminta Pacu Industri Manufaktur

Pengusaha menargetkan pertumbuhan ekspor Indonesia bisa meningkat 500% pada tahun 2025 dengan nilai perdagangan mencapai US$ 950 miliar. Kerja sama berbagai pohak dibutuhkan untuk merealisasikan besaran target tersebut.

Di tengah menurunnya ekspor SDA Indonesia ke berbagai negara, pemerintah diminta untuk memacu pertumbuhan industri manufaktur dalam negeri untuk bisa bersaing di skala global. Material yang digunakan juga harus semaksimal mungkin menggunakan material buatan dalam negeri.

“Selama ini kita belum bisa menemukan masa keemasan kita waktu mengekspor natural resources. Kalau dulu banyak komoditas ekspor, kalau sekarang kan belum ada. Kita tentunya harapkan produk manufaktur yang berkesinambungan yang fluktuasinya juga tidak tinggi. Kalau bisa yang basisnya semua ada di Indonesia,” jelas Rosan.

Perlambatan ekonomi global juga perlu diwaspadai pengaruhnya terhadap perkembangan ekspor Indonesia. Seperti China yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonominya dari 12% di tahun kemarin menjadi 6,5% pada tahun ini.

Pemerintah perlu melakukan usaha ekstra untuk memasarkan produk dalam negeri ke lebih banyak negara lagi. Perluasan negara tujuan ekspor perlu dilakukan agar pergerakan ekspor Indonesia menuju ke angka positif.

“Jadi kita juga mesti realistis. Kita juga harus membuka pasar baru juga jangan hanya terkonsentrasi pasar yang sudah ada,” kata Rosan.

Menurut Rosan, perluasan negara tujuan ekspor diperlukan untuk mengembangkan nilai ekspor Indonesia. Beberapa negara di Afrika dan Timur Tengah perlu disasar untuk memperluas area ekspor.

“Karena kadang-kadang pasar yang sudah ada yang sudah jadi pasar kita kan sulit mengalami perkembangan karena adanya perlambatan. Kita harus menciptakan pasar baru ke negara-negara baru Afrika dan Middle East,” ujarnya.

Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bidik Ekspor Naik 500% di 2025, Kadin: Harus Ada Pengganti Ekspor SDA video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com