Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS

Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS

klik66 – Selasa pagi (28/8/2018) di laman Twitter beredar luas sebuah cuitan yang menyebut ada peraturan baru di BPJS soal pertemuan pasien dan dokter yang dibatasi.

Aturan baru lagi dari BPJS ya, waktu temu pasien – dokter akan dibatasi, jd pasien2 BPJS yg maha galak jangan marah kalo ga bisa nanya itu itu ke dokternya, tanyanya ke kantor BPJS aja,” cuit akun Twitter tersebut.

Sejak cuitan tersebut dibuat oleh pengguna Twitter, sudah 444 retweet dam 174 orang yang membagikan cuitan itu.

Berdasarkan pantauan TribunSolo.com, setelah cuitan itu beredar luas, pemilik akun memilih untuk menggembok akun Twitternya.

Sebelumnya banyak netter yang menanggapi cuitan itu, namun setelah akun digembok, tanggapan pengguna Twitter lain tak lagi nampak.

Tak lama setelah cuitan itu beredar, Kompas.com langsung mengkonfirmasi ke pihak BPJS kepada Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf, Selasa (28/8/2018).

Benarkah ada peraturan baru yang membatasi waktu pasien berkonsultasi dengan dokter?

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, Iqbal mengatakan, apa yang terlihat pada foto yang beredar bukan peraturan baru tentang pembatasan waktu pelayanan.

Akan tetapi, merupakan cara untuk memastikan kemampuan masing-masing poli di RS dalam hal pelayanan.

Misalnya, suatu RS memiliki 1 poli bedah dengan jam layanan dimulai pukul 09.00-12.00, maka jam pelayanan poli adalah 3 jam. Jika RS tersebut meng-input waktu konsultasi di poli bedah adalah 10 menit, maka daya tampung pasien yang dapat diterima adalah 18 pasien.

Dengan demikian, jumlah maksimal untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) jika nantinya memerlukan rujukan ke poli bedah sebanyak 18 orang.

Sistem rujukan yang diterapkan selama ini dilakukan secara manual dan online.

“Untuk simplifikasi dilakukan uji coba menjadi sistem rujukan online. Bukan peraturan. Ini kan mengubah manual ke IT. Tidak ada pembatasan waktu pelayanan,” kata Iqbal kepada Kompas.com, Selasa (28/8/2018).

“Sekarang diuji coba dulu untuk dapat melakukan rujukan ke RS bagi pasien yang secara indikasi medis memerlukan pelayanan spesialis. (Sistem rujukan) menggunakan IT atau online,” ujar Iqbal.

Rujukan online ini tetap memerhatikan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan yang mengatur sistem rujukan pelayanan kesehatan perorangan.

Dengan diterapkannya rujukan online, pihak RS memasukkan data ke dalam sistem aplikasi. Data tersebut berisi rata-rata waktu pelayanan pasien dapat dilayani pada suatu RS dalam durasi jam pelayanan yang ada di poli RS tersebut.

“Agar bisa disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing RS,” lanjut dia.

Sistem akan menampilkan dokter spesialis atau sub-spesialis yang tersedia, sehingga FKTP dapat memilih sesuai kebutuhan medis.

Sistem ini terkoneksi secara nasional, di mana setiap rumah sakit dan FKTP dapat melakukan koordinasi untuk memastikan pelayanan kesehatan rujukan yang dibutuhkan oleh peserta BPJS.

Lama pelayanan waktu tersebut didasarkan pada pengalaman RS melayani pasien selama ini.

Iqbal menambahkan, waktu pelayanan ini sebenarnya membantu RS mengukur kapasitas pelayanan kepada para pasiennya.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini

Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini   Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini   Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini   Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini   Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini   Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini   Beredar Rumor Pembatasan Waktu Temu Pasien dengan Dokter, Begini Penjelasan BPJS waktu temu rumor penjelasan pembatasan pasien dokter dengan bpjs beredar begini