Home » Berita Terkini » Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini
Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini

Untuk membentuk kekebalan tubuh serta mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang anak kita, maka dibutuhkan imunisasi.

Tata laksana pemberian imunisasi memang tak memerlukan pemeriksaan khusus yang mendalam.

Meskipun demikian, pada kondisi tertentu anak tak dianjurkan untuk mendapatkan suntikan imunisasi, seperti yang dijelaskan oleh dr. Hartono Gunardi, SpA(K)., spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Anak yang tak diperbolehkan imunisasi adalah anak dengan suhu tubuh yang cenderung tinggi.

Demam dengan suhu di atas 38 derajat celsius yang sedang diderita anak bisa menjadi kontraindikasi dalam pemberian imunisasi.

“Kondisi saat anak demam mencapai suhu di atas 38 derajat, tidak dianjurkan mendapatkan imunisasi. Selain itu, apabila ada kondisi anak yang menderita penyakit berat seperti sesak napas, juga sebaiknya jangan imunisasi dulu,” terang dr. Hartono pada simposium yang diadakan oleh FKUI di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Selain demam tinggi dan penyakit berat, kondisi lain dirasa aman untuk melakukan suntikan vaksin.

Namun, masih banyak orangtua yang tak memahami kapan kondisi anak yang tepat untuk mendapatkan imunisasi.

“Batuk pilek tanpa demam itu bukan halangan. Atau, misalkan anak sedang dapat antibiotik tertentu, itu juga bukan halangan. Konsultasikan lagi untuk jenis antibiotik lainnya,” jelasnya.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa bila anak tak mengalami kondisi seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Hartono, maka anak diperbolehkan untuk melakukan imunisasi.

Selain itu, dr. Hartono juga menekankan pentingnya konsultasi sebelum memberikan imunisasi pada anak, karena ada kondisi lain yang menjadi pertimbangan anak bisa diberi vaksin atau tidak.

“Misalnya, vaksin campak tidak lagi diberikan kalau sudah menderita campak, atau vaksin BCG tidak diberikan pada bayi yang positif HIV, dan mengonsumsi imunosupresif, serta pneumokokus tidak bisa diberikan pada anak yang memiliki penyakit jantung,” tutupnya.

Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Batalkan Sementara Imunisasi Apabila si Kecil Sedang Mengalami Kondisi Ini video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com