Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya?

Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya?

IBOQQNEWS.com – Dari analisa Maybank, belanja modal infrastruktur di Indonesia akan menembus US$ 264 miliar atau Rp 3.484 triliun (kurs Rp 13.200/US$) dalam periode 2016-2020. dari jumlah tersebut, Pemerintah Indonesia hanya mampu menyediakan 30% atau US$ 74 miliar setara Rp 976 triliun yang bisa ditanggung APBN.

Sehingga butuh kontribusi swasta yang besar yakni sekitar 70% dari total belanja modal infrastruktur tersebut. Setidaknya diperlukan kontribusi sekitar US$ 190 miliar atau Rp 2.508 triliun dari pendanaan swasta baik dari dalam maupun luar negeri. Presiden Direktur Bank Maybank Indonesia, Taswin Zakaria berpendapat, di tengah keterbatasan tersebut alternatif pembiayaan dari produk-produk pasar modal bisa dimanfaatkan karena dapat lebih efektif meningkatkan keterlibatan pihak swasta dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur.

“Likiditas di pasar modal ada surat utang pemerintah yang dijual di sana. Menurut saya pemerintahan sekarang memiliki komitmen yang besar dalam pembiayaan infrastruktur,” kata Taswin saat jumpa pers Maybank Invest ASEAN di Grand Hyatt Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2016).

Hal senada juga disampaikan CEO Maybank Kim Eng Group John Chong. Menurutnya, berbagai produk pasar modal seperti obligasi atau surat utang dan sukuk bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan infrastruktur yang bersifat jangka panjang.

“Ada bond (obligasi) dan sukuk untuk mengembangkan pembiayaan 5 tahun ke depan. Ini juga mempunyai pembiayaan jangka panjang suku bunga fix,” kata CEO Maybank Kim Eng Group, John Chong.

Pembiayaan proyek infrastruktur lewat produk pasar modal menurutnya lebih bisa diandalkan ketimbang pembiayaan dari perbankan. Alasannya, likuiditas perbankan masih terbatas dan bersifat jangka pendek. Kurang sesuai dengan karakteristik pembiayaan proyek infrastruktur yang bersifat jangka panjang.

“Bank memiliki keterbatasan, jadi pembiayaan bisa dengan sukuk atau surat utang,” tambah John.

Guna meningkatkan antusiasme masyarakat untuk aktif terlibat dalam pembiayaan infrastruktur lewat investasi lewat sukuk, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dari pemerintah dengan menerbitkan sukuk hingga nantinya tren ini diikuti oleh penerbitan sukuk oleh swasta.

“Malaysia dan negara lain sukuk dimulai dengan pemerintah menerbitkan long term sukuk. Nantinya pihak swasta juga akan mengikutinya,” kata John Chong.

“Sukuk sangat menguntungkan tidak hanya bagi konvensional market juga bagi syariah market,” tambah John Chong.

Selain itu, untuk memulai tren investasi di sukuk pemerintah juga diminta membuat regulasi tambahan agar investasi di surat utang syariah ini bisa semakin diminati investor. Investasi lewat sukuk di Indonesia dinilai akan sangat berkembang jika diatur dengan serius.

“Peraturan dan regulasi juga perlu ditambahkan agar sukuk semakin diminati. Ini sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia,” jelas Dato’ John Chong.

Kunjungi juga KLIK66 situs judi qq online terbesar dan terpercaya di indonesia yang menyediakan 8 jenis permainan di antaranya aduq , bandarq, BANDAR POKER , bandar66 Dan Lain - lain. DAFTAR SEKARANG Bonus Promo Menarik menanti anda.

-> BONUS TURN OVER 0.5%
-> BONUS REFERRAL 20%

Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Bangun Infrastruktur di RI Butuh Rp 3 Ribu T, Dari Mana Uangnya? video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi