Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing

Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing

IBOQQNEWS.comBaju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing Mulai tahun depan, astronaut Amerika Serikat bisa merasa semakin bergaya. Boeing, Rabu (25/1/2017), memperkenalkan baju antariksa (spacesuit) yang tampak lebih keren dan diklaim lebih nyaman dipakai.

Baju tersebut akan mulai dikenakan oleh para astronaut yang akan terbang ke luar angkasa menggunakan Boeing CST-100 Starliner, kapsul luar angkasa yang tak kalah mengesankannya.

Chris Ferguson, mantan astronaut yang kini memimpin Starliner Crew and Mission System Boeing, memperagakan kostum baru tersebut.

Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi
Mantan astronaut Chris Ferguson memperagakan baju antariksa terbaru yang akan mulai dipakai tahun depan.
© Boeing

Hal pertama yang mesti diketahui, setelan ini bukan untuk beraktivitas di luar kapsul saat berada di luar angkasa. Untuk keperluan itu, ada setelan lain yang tak jauh berbeda dengan baju astronaut yang selama ini pernah ada.

Baju ini hanya untuk dikenakan saat astronaut berada di dalam kapsul atau ketika pindah dari dalam kapsul ke stasiun luar angkasa, dan sebaliknya.

Walau demikian, baju ini tetap mesti kedap udara dan tahan terhadap temperatur ekstrem serta bisa diandalkan ketika menghadapi situasi “berbahaya”. Tentunya selama tidak menghadapi kondisi vakum ekstrem dan radiasi kosmik.

Tech Crunch (26/1), menilai seragam baru ini tetap lebih maju dibandingkan setelan Advanced Crew Escape Suits berwarna oranye terang yang telah dibuat dan digunakan NASA sejak 1990-an.

Boeing menjelaskan, dengan berat 9kg, seragam baru ini 40 persen lebih ringan dari baju-baju antariksa sebelumnya. Lapisan dalam yang digunakan juga bakal membuat para astronaut merasa lebih sejuk.

Selain itu, kini astronaut tidak perlu lagi membuka sarung tangannya saat hendak menggunakan layar sentuh. Sarung tangan yang dipakai sudah touchscreen-friendly. Sementara, sol bot yang menyatu dengannya dijamin anti-selip.

Ritsleting di depan badan kini diciptakan untuk membuat pemakainya lebih mudah saat hendak berdiri dari posisi duduk.

“Kami menyederhanakan setelan ini,” kata Ferguson dalam video yang diunggah Boeing.

“Sebelumnya para astronaut mengenakan setelan yang relatif besar dan berat dengan cincin leher. Setelah kami pelajari selama bertahun-tahun, mungkin hal seperti itu tidak dibutuhkan lagi.”

Sebagai perlindungan tambahan untuk astronaut saat peluncuran dan pulang ke Bumi, setelan ini juga membantu mereka terhubung dengan kru darat dan antariksa melalui alat komunikasi yang menyatu dengan helm.

Pada helm berbentuk tudung yang lembut dipasang visor polikarbonat lebar agar pemakainya memiliki sudut pandang yang lebih luas selama perjalanan.

“Baju antariksa datang dengan berbagai ukuran dan desain, dan saya pikir baju ini cocok dengan model Boeing, cocok dengan wahana antariksa Boeing,” kata Ferguson.

Astronaut Eric Boe juga memuji desain baru yang sederhana tapi elegan dan penuh fitur canggih ini.

“Hal terpenting adalah setelan ini bisa membuat Anda tetap hidup,” kata Boe dikutip CNet (26/1). “Sistem yang terlalu rumit malah punya banyak hal yang bisa rusak, jadi sederhana lebih baik untuk hal seperti ini.”

Keduanya, baju astronaut dan Starliner, merupakan bagian dari Commercial Crew Program (CCP) yang dijalankan Badan Antariksa dan Aeronautika AS (NASA).

Program ini bertujuan agar penerbangan ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) atau ke orbit rendah menjadi lebih aman, bisa diandalkan, dan murah, bekerja sama dengan perusahaan swasta.

CCP dimulai pada 2010 saat NASA menghentikan operasi dan pembuatan pesawat antariksa ulang-alik karena biayanya terlalu mahal. Sejak saat itu, NASA mengirimkan astronautnya ke luar angkasa menggunakan Soyuz milik Rusia.

Pada 2014, mengutip Space News, NASA menggelontorkan dana USD4,2 miliar kepada Boeing untuk membangun CST-100 Starliner dan USD2,6 miliar kepada SpaceX untuk pesawat antariksa Dragon V2.

Penerbangan perdana CST-100 Starliner ke ISS, tentunya beserta astronaut yang mengenakan seragam biru baru ini, dijadwalkan berlangsung pada akhir 2018.

Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Baju astronaut yang lebih keren dan nyaman dari Boeing video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi