Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone

Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone

INDOGADGET.web.id – Kabar kurang sedap merundung Apple pada awal tahun baru. Raksasa teknologi dari Cupertino, Amerika Serikat, ini dikabarkan akan mengurangi produksi ponsel iPhone sebesar 10 persen pada kuartal pertama 2017. Demikian dikabarkan Nikkei Asian Review (31/12/2016).

Pengurangan produksi tersebut dilakukan karena Apple tak ingin mengulang peristiwa yang terjadi pada awal 2016. Saat itu, terjadi penumpukan iPhone 6s di gudang karena jumlah yang diproduksi lebih banyak daripada yang laku dijual. Merekapun lalu mengurangi produksi iPhone 6s hingga 30 persen pada awal tahun itu.

Nikkei mengabarkan bahwa pada periode Januari-Maret 2017, Apple bakal mengurangi produksi iPhone 7 dan 7 Plus yang penjualannya tak memenuhi harapan, terutama iPhone 7.

Kabar tersebut membuat nilai saham Apple Inc. turun 0,84 persen pada Jumat siang, sejalan dengan turunnya indeks saham Nasdaq. Jurubicara menolak untuk mengomentari kabar tersebut.

Laman Business Insider (31/12), memperkirakan pemotongan produksi iPhone 7 akan lebih banyak dibandingkan 7 Plus. Hal itu dikarenakan permintaan terhadap iPhone 7 Plus masih lebih tinggi.

Meski demikian, Apple tengah kesulitan memproduksi 7 Plus karena rupanya sensor kamera belakang ganda yang menjadi fitur unggulan ponsel itu sulit diproduksi.

Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, pada November lalu sebenarnya sudah memprediksi bakal terjadi penurunan produksi tahun-ke-tahun dari iPhone pada 2017.

“Kami meramalkan total volume pengapalan akan turun tahun-ke-tahun pada paruh pertama 2017 karena lemahnya permintaan di Tiongkok, lambatnya pengapalan iPhone 4,7 inci pada kuartal pertama 2017, dan kurangnya iPhone SE baru pada kuartal kedua 2017,” tulis Kuo pada catatan yang didistribusikan kepada kliennya.

Turunnya permintaan terhadap iPhone 7 ini sebenarnya agak mengherankan, mengingat mereka seharusnya bisa mengambil keuntungan dari masalah yang menimpa Samsung Galaxy Note 7.

Akan tetapi, menurut MacRumors (29/12), iPhone 7 kurang memiliki fitur yang “memukau” sehingga mereka yang harus mengembalikan Note 7 lebih memilih untuk menggantinya dengan ponsel lain produksi Samsung.

Perusahaan finansial Oppenheimer menyatakan jika tidak melakukan sesuatu yang baru untuk memutarbalikkan keadaan, Apple terancam masuk ke dalam “malaise berkepanjangan“.

Berharap pada iPhone 8

Oleh karena itu, semua kini menanti apa yang akan dilakukan Apple pada iPhone terbaru yang kabarnya bakal dirilis pada September 2017. Ponsel tersebut diharapkan bisa membalik peruntungan Apple lagi.

AppleInsider menyatakan Apple tengah mempersiapkan tiga varian ponsel baru untuk tahun depan. Dua adalah pembaruan dari iPhone 7, kemungkinan diberi nama “iPhone 7s dan 7s Plus”, sementara satu lagi adalah flagship yang sama sekali baru “iPhone 8”.

Tidak akan ada banyak perubahan pada iPhone 7s dan 7s Plus, tetapi Apple dikabarkan menyiapkan iPhone 8 yang istimewa untuk menyambut ulang tahun ke-10 iPhone.

iPhone 8 itu akan menggunakan layar OLED buatan Samsung yang bisa ditekuk. Ada yang menyebut layar itu berukuran 5,8 inci, adapula yang yakin ukurannya 5,1 inci. Ponsel itu juga dikabarkan mengusung desain tanpa pinggiran (bezelless) dengan earpiece dan sensor sidik jari Touch ID yang tersembunyi.

Ming-Chi Kuo meramalkan iPhone 8 akan menguasai 50-55 persen angka penjualan Apple pada akhir tahun depan.

Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Apple awali 2017 dengan mengurangi produksi iPhone video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi