Home » Berita Terkini » Anjing paham intonasi dan bahasa manusia
Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

Anjing paham intonasi dan bahasa manusia

IBOQQNEWS.com – Pernahkah Anda membayangkan pada suatu hari anjing peliharaan Anda bisa bersenda gurau di ruang keluarga sembari menonton televisi? Kemungkinan hal tersebut bisa menjadi kenyataan.

Menurut studi terbaru, anjing mampu mengerti beberapa kata yang diucapkan manusia. Bahkan otak anjing bisa memproses informasi dengan cara yang mirip otak manusia. Demikian dilansir Sci-News, Rabu (31/8/2016).

Namun sebenarnya tanpa studi ilmiah pun, para pemilik anjing percaya bahwa hewan peliharaan mereka dapat mengerti ucapan manusia.

Penelitian terbaru itu dipublikasikan dalam jurnal Science dan dipimpin oleh Attila Andics, seorang peneliti di Universitas Eotvos Lorand, Budapest, Hungaria. Anjing disebut dapat membedakan kata-kata dan intonasi suara manusia sebanyak yang dapat dilakukan otak manusia.

Menurut ABC (31/8), para peneliti memindai otak 13 anjing terlatih untuk berbaring di alat peindai MRI (Magnetic Resonance Imaging). Mereka memantau otak 13 anjing itu ketika masing-masing pemiliknya berbicara kepada mereka.

Andics menegaskan anjing menggunakan sejumlah bagian berbeda dalam otaknya untuk memahami bahasa. Ini persis sama seperti manusia.

Selama melakukan pemindaian, para peneliti mengucapkan kata-kata seperti “good boy” dan “well done” dengan intonasi memuji dan juga dengan suara netral. Para peneliti juga mengucapkan kata-kata yang tidak bermakna bagi mereka, seperti “bagaimanapun (however)” dengan dua intonasi tersebut.

“Kami menemukan (respon) otak anjing sangat mirip dengan otak manusia. Otak bagian kiri lebih terlibat dalam pengolahan kata-kata yang bermakna,” ujar Andics.

Adapun otak kanan dapat merespon berbagai intonasi ucapan manusia, baik intonasi yang bersifat memuji maupun positif. Ini berarti anjing tahu ketika pemiliknya memuji mereka dengan sungguh-sungguh.

Namun kemampuan itu bukan berarti anjing juga dapat memahami kata negatif seperti marah. Ketika manusia menilai ada kesalahan sehingga mengeluarkan kalimat dengan nada tinggi dan raut muka marah disertai gerakan menunjuk, anjing akan menyimpan bahasa isyarat ini dalam memorinya tetapi belum mengerti maksud si manusia.

Agar anjing dapat membedakan manusia saat marah dan tidak, manusia juga perlu memberikan pujian jika anjing melakukan hal yang benar.

Untuk memberikan perintah agar anjing melakukan sesuatu seperti duduk, berbaring, atau diam, kita juga harus memberikan perintah dengan intonasi yang sama supaya anjing mudah mengingatnya.

Andics menyarankan penggunaan kata yang tidak lebih dari dua suku kata. Antara lain du-duk dan da-tang.

Begitu anjing peliharaan Anda mengikuti perintah dengan benar, berikan pujian atau hadiah berupa makanan agar ia senang dan mau melakukannya lagi untuk Anda.

Ini adalah penelitian jenis pertama yang memang ingin memahami bagaimana otak anjing memproses ucapan manusia.

Tapi dalam hal evolusi bahasa, ini menunjukkan bahwa kemampuan memproses makna dan emosi di bagian otak sudah berkembang pada makhluk non-primata, jauh sebelum manusia mulai berbicara.

Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi   Anjing paham intonasi dan bahasa manusia video viral info traveling info teknologi info seks info properti info kuliner info kesehatan foto viral berita ekonomi

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com