Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini!

Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini!

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) hari ini membentuk Satgas Pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA). Lewat satgas ini, nantinya masyarakat bisa melapor jika menemukan indikasi adanya pemanfaatan TKA secara ilegal atau menyalahi hukum.

“Tentu kalau ada satgas, orang bisa lapor ke satgas,” kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri di kantornya, Kamis (17/5/2018).

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Dirjen PPK dan K3) Sugeng Priyanto di tempat yang sama, menyampaikan nantinya satgas ini akan bekerja sesuai dengan hasil laporan-laporan yang beredar di masyarakat.

“Rencana kerja satgas akan lakukan pembinaan dan pengawasan penggunaan TKA secara selektif, mana mana yang jadi diskusi masyarakat selama ini akan kita prioritaskan,” ujarnya.

Nantinya satgas juga akan melaporkan ke Kementerian Ketenagakerjaan mengenai hasil temuan-temuannya di lapangan, terkait penggunaan tenaga kerja asing.

“Tiga bulan laporan wajib. Jadi satgas wajib lapor ke menteri tiga bulan sekali atau kalau sewaktu waktu diperlukan,” ujar Sugeng.

Namun selama ini, menurut Hanif, sebelum adanya satgas, masyarakat pun bisa melaporkan bila menemui tenaga kerja asing ilegal yang bekerja di Indonesia. Mereka bisa mengadukan langsung ke Kementerian Ketenagakerjaan.

“Selama ini kita nggak ada satgas orang juga bisa lapor ke kita, ke kementerian juga bisa. Kalau ada satgas orang bisa lapor (ke satgas),” tambahnya.

Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada   Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada   Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada   Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada   Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada   Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada   Ada TKA Ilegal, Laporkan ke Sini! tka sini laporkan ke ilegal ada